Wakil PM Inggris Akan Kunjungi Indonesia, Bahas Kemitraan Siber dan Mineral


 
Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden MP akan mengunjungi Indonesia pada 25-26 Juni 2023 dan akan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk membahas potensi kolaborasi dalam ketahanan ekonomi, bahan-bahan mineral kritis dan kemajuan MoU kerja sama Investasi Inggris-Indonesia yang ditandatangani tahun lalu.

 
Dowden juga akan bertemu dengan Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Michael Tene untuk menyoroti dukungan Inggris dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN dan untuk membahas bagaimana Inggris akan memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian Mitra Dialog ASEAN.
 
Ia juga akan bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian untuk menindaklanjuti Dialog Keamanan Siber Inggris - Indonesia yang berlangsung di London pada Maret 2023, menandatangani MoU tentang Kerja Sama Keamanan Siber Inggris-Indonesia, dan meluncurkan program pembangunan kapasitas siber yang didanai Inggris untuk Indonesia.

"Ada potensi yang sangat besar untuk memperkuat hubungan Inggris dengan Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Perdagangan dan investasi bersama kami telah meningkat hampir sepertiga tahun lalu dan seiring dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, Inggris sebagai Mitra Dialog ASEAN yang baru, akan mendukung Indo-Pasifik sebagai kawasan yang bebas dan terbuka," ucap Dowden, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.
 
"Isu-isu seperti akses ke mineral penting, perdagangan bebas dan keamanan dunia maya mempengaruhi kemakmuran kita di dunia yang saling terhubung ini. Saya berharap dapat bertemu dengan para Menteri Indonesia di bidang-bidang ini dan menindaklanjuti Dialog Siber Inggris-Indonesia yang kami adakan pada Maret lalu di London, melalui kerja sama yang lebih dalam antara pakar keamanan siber kami dan BSSN," sambungnya.
 
Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matthew Downing mengatakan, kunjungan Dowden menegaskan kembali komitmen Inggris dalam memajukan kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN. "Sebagai Ketua ASEAN tahun ini, Indonesia memainkan peran penting dalam mendorong ambisinya sebagai kawasan ekonomi yang bertumbuh pesat, inklusif dan berkelanjutan," tutur Wadubes Downing.
 
"Indo-Pasifik merupakan kawasan yang semakin penting dan kami ingin memperdalam hubungan kami di sini, termasuk dengan memperkuat kerja sama keamanan siber dengan Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan regulasi keamanan siber untuk sektor perbankan; mengamankan sektor telemedicine yang vital; dan memberikan keamanan informasi melalui latihan dan pelatihan. Saya harap kunjungan ini akan semakin memperkuat proyek kami di bidang keamanan siber," ungkapnya.
 
Duta Besar Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin mengatakan, "sebagai Mitra Dialog terbaru ASEAN, Inggris berkomitmen untuk memperdalam hubungan jangka panjang kita dan menyampaikan Rencana Aksi ASEAN-Inggris yang komprehensif, yang mencakup penerapan ASEAN sebagai sentral dan penguatan kerja sama dalam mengatasi tantangan regional dan global."
 
"Kunjungan Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden menunjukkan komitmen jangka panjang Inggris untuk ASEAN dan ambisi kami untuk berkontribusi pada perdamaian, kemakmuran dan pembangunan di kawasan," pungkasnya.
 

Comments