Waspada! Kejahatan Siber Modus Penawaran Liburan


Pada era berkembangnya teknologi saat ini, kejahatan siber semakin meluas termasuk penipuan daring yang sering terjadi saat musim liburan. Banyak penjahat kriminal yang memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan ilegal.

Pada Mei 2023 ini, ada banyak domain baru yang berkaitan dengan liburan muncul ke permukaan internet. Dihitung ada sebanyak 29.880 domain baru muncul, maka sebanyak 24.367 domain baru tersebut merupakan domain yang mencurigakan dan berpotensi untuk melakukan penipuan. Hal ini meningkat sebanyak 23 persen dari Year-Over-Year (YoY).

Kali ini, Check Point Research menemukan bahwa masa liburan musim panas dimanfaatkan oleh para penjahat siber untuk melakukan kegiatan phising. Mereka akan mengambil data pribadi, atau uang melalui domain palsu yang sudah diciptakan, dan pastinya bagi mereka yang hendak melakukan liburan sekaligus ingin membeli tiket. Ini menjadi sebuah metode musiman dan kerap dilakukan oleh kriminal siber.

Mereka juga tidak segan-segan mengirimkan email kepada para korban, dan email tersebut berisikan sebuah link. Para penjahat siber sangat berharap korban mengunjungi link tersebut agar mereka bisa melakukan aksi phising tersebut. Email tersebut juga mengangkat tema utama dari beberapa tawaran menarik yang berkaitan dengan liburan musim pana, seperti potongan harga hotel, tiket pesawat, dan berbagai informasi pendukung lainnya.

Ketika korban tergoda dan mengunjungi link tersebut, maka para pelaku sudah mengatur segala cara untuk membuat link tersebut layaknya sebuah halaman Microsoft Login. Oleh karena itu, disaat korban memasukan berbagai identitas mereka, hal ini justru dimanfaatkan oleh para pelaku untuk mengambil data tersebut.

Layaknya cara kerja phising, para pelaku akan mengambil segala jenis data sensitif dari korban. Kemudian, pelaku bisa memperjualbeli data dengan ilegal. Bahkan, dengan data tersebut mereka bisa meraup keuntungan besar. Penjahat akan menjual data tersebut dalam deepweb atau darknet.

Bahaya dari phising sendiri adalah data para korban akan sangat dirugikan, dan juga akan sangat merugikan perusahaan tempat korban bekerja. Karena memang ini menjadi sebuah cara pelaku mendapatkan berbagai informasi lainnya, maka dari itu jika korban sudah terkena phising maka akan sangat merugikan diri sendiri dan pihak lainnya.

Check Point Research memberikan sebuah tips agar bisa terhindar dari metode kejahatan siber ini. Mereka mengatakan untuk selalu membeli melalui perusahaan yang terpercaya dan sudah menjadi wajah dari wisata. Kemudian, selalu pastikan domain yang dikunjungi merupakan domain asli dari perusahaan tersebut, karena banyak domain yang menyerupai domain aslinya.

Selain itu, kamu disarankan untuk menggunakan endpoint security. Ini menjadi sebuah sarana agar bsia terhindar dari kejahatan siber ketika kamu sudah terlanjur masuk ke laman yang diberikan melalui email yang mencurigakan.

Sumber : https://m.lampost.co/berita-waspada-kejahatan-siber-modus-penawaran-liburan.html

Comments