Wujudkan KLA, Pemkab Kubu Raya Gunakan Sistem Informasi Geospasial


 Perlindungan dan pemenuhan hak anak menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Mewujudkan Kubu Raya sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebut untuk mendukung hal tersebut ada hal yang penting, yakni sistem data yang akurat dan terintegrasi.

" Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menerapkan inovasi sistem informasi data berbasis geospasial atau ruang kebumian. Kuncinya di sini memang terkait sistem data."katanya


Dan katanya lagi, " Kita bekerja tentu dengan sistem data yang langsung dari sumbernya. Sehingga lebih akurat dan juga bisa untuk ditemusatupadukan,” kata Bupati Muda Mahendrawan saat menyampaikan paparan pada kegiatan Verifikasi Lapangan Evaluasi KLA secara daring dengan Tim Evaluasi Pusat Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dari Kantor Bupati Kubu Raya, pada Sabtu 10 Juni 2023


Lanjutnya, Muda mengatakan dengan sistem informasi geospasial, semua tematik terkait dengan rumah tangga disuguhkan sangat lengkap dalam bentuk nama, alamat, lokasi, posisi koordinat, dan informasi berbasis peta ruang kebumian.


Dengan begitu, kondisi di setiap desa dan keluarga dapat terpetakan sehingga bisa dilakukan deteksi dan upaya-upaya yang bersifat perlindungan sosial termasuk terhadap anak.

“Sistem ini sudah berjalan di mana semua perkembangan akan terus perbaharui oleh tenaga penggerak data di desa. 


Jadi kita bekerja dengan terukur dan semuanya menjadi ternavigasi,” jelasnya.

Dan Bupati Muda menyatakan setiap rumah tangga termasuk anak harus terkawal. Hal itu mengingat cepatnya berbagai persoalan yang selalu mengancam. 


Termasuk misalnya ancaman kekerasan terhadap anak, pornografi, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya.

Lanjutnya Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggunakan sistem data yang baik sehingga upaya-upaya pencegahan akan lebih efektif.


“Jadi dengan cara sistem data ini, setiap desa yang tadinya tidak bergerak menjadi lebih bergerak. Inisiatifnya menjadi tinggi. Kemudian kaum ibu juga lebih bersemangat karena jauh lebih terdata. Upaya menyisir setiap anak dari sisi pendidikan dan kesehatan juga akan jauh lebih antisipatif,” tuturnya.


Terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak, Bupati Muda menegaskan pihaknya selalu menjadikan hal tersebut sebagai prioritas yang dipandang mendesak. 


Karena itu, dia mengapresiasi adanya evaluasi Kabupaten Layak Anak dari Kementerian PPPA. Sebab akan membantu di dalam upaya meminimalkan hal-hal yang terkait dengan gangguan terhadap anak.

“Sehingga mudah-mudahan Kubu Raya menjadi Kabupaten Layak Anak yang benar-benar tersistematis, terintegrasi, dan terukur di


Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2023/06/11/wujudkan-kla-pemkab-kubu-raya-gunakan-sistem-informasi-geospasial


Comments