Hadapi Pemilu 2024, BSSN Bentuk Satgas dan Prioritaskan KPU


 Menghadapi Pemilu 2024, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah bersiap diri mengamankan ranah siber demi kelancaran hajatan nasional tersebut.

“Satgas pemilu bekerja sejak awal tahun, nanti selesai pekerjaan setelah adanya pelantikan presiden, wakil presiden,” kata Ariandi Putra, juru bicara BSSN, di Jakarta, Rabu,12 Juli 2023.

Ia membandingkan kerja satgas ini seperti satgas saat KTT Asean dan G20. Menurutnya, saat G20, BSSN adalah lembaga pertama yang datang ke Bali dan terakhir pulang. Hal ini sebagai  bentuk tindakan preventif dan lain-lain untuk pengamanan di ranah siber. BSSN juga berkoordinasi dengan institusi Polri, TNI dan penegak hukum lain. 

“Bersama KPU dan Bawaslu kita sudah bangun CSIRT (Computer Security Incident Response Team)” jelas Ariandi.

Menurutnya, tim teknis BSSN harus bolak-balik ke KPU saat menemukan kerentanan untuk diperbaiki. Ia menjelaskan, sesuai fungsinya,  BSSN bertugas memperkuat sistemnya, pencegahan dini dan asistensi.

“Kami seperti orang yang melihat secara utuh dari luar, terkait dengan sistem elektronik, kita uji dan lakukan information technology security assessment (ITSA), lalu kami beri laporan lengkapnya ke KPU,” jelas Ariandi.

Sementara itu, terkait serangan siber, menurut Ariandi, tidak ada negara yang bebas dengan serangan tersebut. “Serangan itu tidak menurun, tapi yang paling penting bagaimana kita mengkapitalisasi agar serangan tidak menjadi insiden,” jelasnya. 

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1747497/hadapi-pemilu-2024-bssn-bentuk-satgas-dan-prioritaskan-kpu

Comments