India Ingin Perluas Kerja Sama Bidang Keamanan Siber dan Maritim dengan ASEAN


Pertemuan Post Ministerial Conference (PMC) dengan India telah dilakukan. Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan memimpin pertemuan sebagai Negara Koordinator ASEAN-India.

"Kita memperingati 30 tahun hubungan dialog ASEAN-India, kami telah membuat kemajuan yang sangat baik dalam memberikan hasil substantif untuk meningkatkan kerja sama selama setahun terakhir," kata Menlu Vivian, dalam pembukaan PMC ASEAN-India di Jakarta, Rabu, 13 Juli 2023.
 
Vivian mengatakan, hubungan ASEAN dengan India menjadi kemitraan strategis komprehensif Dan tahun ini, fokusnya adalah memperluas serta memperdalam bidang-bidang kerja sama utama.

Sebanyak 96 persen dari rencana aksi ASEAN-India telah dilaksanakan, dan tercapai kurang dari dua tahun pengadopsiannya.
 
"Hari ini, kami menyambut adopsi lampiran rencana aksi yang sudah disepakati para pemimpin selama KTT," lanjutnya.
 
Menteri Luar Negeri India S. Jainshankar menyampaikan penghargaannya atas upaya Indonesia mengamankan ASEAN secara efektif di bawah skenario geopolitik saat ini.
 
"Izinkan saya juga menghargai Singapura sebagao koordinator negara kami atas dukungan teguhnya dalam memperkuat hubungan kami selama puluhan tahun dengan India," katanya.
 
Jainshankar menuturkan, mereka akan meningkatkan kemitraan strategis yang komprehensif antara India-ASEAN.
 
"ASEAN yang kuat dan bersatu memainkan peran penting dalam dinamika yang muncul di Indo-Pasifik. India dengan tegas mendukung sentralitas ASEAN dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," ucapnya.
 
Menlu India berharap agar dapat memperluas hubungan dengan ASEAN dan mencakup area yang lebih baru. "Terutama yang merujuk keamanan dunia maya, keuangan dan maritim," pungkasnya.

Comments