Mengenal E-Wallet dan Aplikasinya yang Beroperasi di Indonesia


 E-wallet (electronic wallet) atau dompet digital adalah salah satu model e-Payment atau sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet di era perkembangan teknologi digital saat ini.

E-Wallet merupakan metode pembayaran atau transaksi non tunai (digital) yang menggunakan aplikasi dompet digital melalui smartphone.

Dengan aplikasi dompet digital dapat membantu penggunanya mengurangi ketergantungan untuk membawa dompet fisik saat beraktivitas.

Dengan e-wallet, siapa saja dapat melakukan pembayaran apa saja dengan cukup membawa smartphone.

Sederhananya, e-wallet adalah aplikasi transaksi keuangan yang dapat digunakan melalui perangkat mobile atau smartphone dengan internet sebagai perantara.

Sebagai dompet digital, e-wallet dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi online seperti membayar tagihan, membeli data internet dan pulsa, voucher listrik, dan lainnya.

Layaknya dompet fisik, e-wallet juga dapat digunakan menyimpan uang dan mentransfer ke rekening bank serta tarik tunai.

Berikut sejumlah aplikasi e-wallet yang beroperasi di Indonesia :

LinkAja

LinkAja merupakan e-wallet yang dikembangkan oleh konsorsium bank-bank besar di Indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran, transfer uang, pembelian pulsa, dan pembelian tiket transportasi dengan mudah.

OVO

OVO adalah salah satu e-wallet terpopuler di Indonesia.

Pengguna dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, transfer uang, pembelian pulsa, pembayaran transportasi, dan lainnya.

OVO juga menawarkan berbagai program cashback dan promo menarik.

GoPay

GoPay merupakan e-wallet yang dikembangkan oleh Gojek, platform layanan transportasi dan pengiriman barang terkemuka di Indonesia.

Selain digunakan untuk membayar transportasi dengan Gojek, GoPay juga dapat digunakan untuk berbagai pembayaran online, belanja, dan transfer uang.

DANA

Dana adalah e-wallet yang dikembangkan oleh Grab, platform layanan transportasi dan pengiriman barang lainnya di Indonesia.

Pengguna Dana dapat melakukan pembayaran transportasi, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, transfer uang, dan berbagai transaksi lainnya.

Jenius

Jenius adalah e-wallet yang dikembangkan oleh Bank BTPN.

Selain sebagai e-wallet, Jenius juga merupakan rekening digital yang memungkinkan pengguna untuk mengatur keuangan mereka dengan berbagai fitur seperti pembagian anggaran, tabungan berbeda, dan transaksi online.

Sakuku

Sakuku adalah e-wallet yang dikembangkan oleh Bank BCA.

Melalui Sakuku, pengguna dapat melakukan pembayaran, transfer uang, pembelian pulsa, dan transaksi lainnya dengan mudah.

ShopeePay

ShopeePay adalah e-wallet yang terintegrasi dengan platform e-commerce Shopee.

Selain digunakan untuk pembayaran dalam transaksi Shopee, ShopeePay juga dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai mitra usaha dan transfer uang.

Itulah beberapa aplikasi e-wallet yang beroperasi di Indonesia. Setiap e-wallet tentunya memiliki fitur dan kelebihan masing-masing.

Sumber : https://solusinews.id/mengenal-e-wallet-dan-aplikasinya-yang-beroperasi-di-indonesia/

Mengenal E-Wallet dan Aplikasinya yang Beroperasi di Indonesia Mengenal E-Wallet dan Aplikasinya yang Beroperasi di Indonesia Reviewed by cessapkldcms on July 07, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.