Transformasi Digital Harus Segera Diwujudkan di Segala Bidang


 Indonesia harus segera mewujudkan transformasi digital di segala bidang. Dengan begitu, inovasi dan kreativitas akan tercipta secara terus-menerus.

 
"Kita memang harus bergerak lebih cepat. Kalau negara lain bisa beradaptasi dengan teknologi, kita harus bisa lebih cepat sekaligus menanamkan pondasi di awal agar pemanfaatan teknologi digital ini lebih terarah," kata CEO Leet Media, Addry Danu, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 9 Juli 2023.
 
Pernyataan Addry itu mengemuka saat menjadi pembicara dalam Obral-obrol Literasi Digital bertajuk Apa Kabar Transformasi Digital di Indonesia? Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Siberkreasi.

Menurutnya, banyak yang masih belum terjamah oleh transformasi digital. Selain masyarakat desa terpencil, anak-anak dan pelajar termasuk dalam lapisan masyarakat yang masuk dalam kategori belum terjamah transformasi digital. 
 
"Itu sebabnya upaya transformasi digital juga penting dilakukan sejak dini," kata Addry. 
 

Kategori sedang

Survei status literasi digital yang dilakukan Kominfo bersama Katadata Center pada 2022 mencatat, Indonesia bernilai 3,54 dari indeks satu sampai lima yang mengacu kepada kerangka digital sebuah negara milik UNESCO. Nilai tersebut menandakan Indonesia dalam kategori literasi digital yang sedang dan belum mencapai literasi digital yang baik. 
 
Hal ini tentu harus digencarkan lagi mengingat transformasi digital dan perluasan peran teknologi dalam sektor tenaga kerja menuntut adanya peningkatan keterampilan. Termasuk pemahaman TIK, literasi, dan kecakapan digital. 
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan percepatan transformasi digital untuk mencapai digital nation sebagai salah satu visi utama dalam masa kepemerintahannya yang kedua. Salah satu programnya ialah pembangunan sumber daya manusia talenta digital. 
 
Praktisi digital dari Universitas Bina Nusantara, Rano Kartono, mengatakan kondisi Indonesia yang masih berstatus negara berkembang dengan jumlah penduduk yang sangat besar, menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan transformasi digital secara menyeluruh.
 
"Untuk itu, diperlukan adanya persiapan sumber daya manusia talenta digital dengan meningkatkan SDM dalam aspek literasi digital," kata Rano. 
 
Transformasi digital mencakup penggunaan dan kemampuan transformatif dalam hal menginformasikan kesadaran digital. Tahap transformasi adalah tahap penggunaan proses digital yang memungkinkan inovasi dan kreativitas dalam suatu produk digital tertentu, bukan hanya meningkatkan, tetapi juga mendukung metode tradisional.

Comments