Telkom dan Indosat Kompak, Berbagi Data Center di Penjuru RI




 PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Indosat Tbk mengumumkan kerja sama strategis. Kedua perusahaan bakal berbagi infrastruktur data center lewat dua anak usahanya, yaitu NeutraDC dan BDx Indonesia.

Kesepakatan kerja sama strategis antara Telkom (TLKM) dan Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) diumumkan di sela Pacific Telecommunications Council di Hawaii, Amerika Serikat.

Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dilakukan oleh perwakilan dari NeutraDC dan BDx Indonesia, yaitu perusahaan patungan antara BDx Data Centers, Indosat, dan Lintasarta.

Lewat kemitraan strategis ini, Telkom dan Indosat sepakat untuk berbagi infrastruktur data center milik kedua perusahaan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kolokasi. Kedua pihak akan membentuk ekosistem infrastruktur pertukaran antarjaringan internet (internet exchange/IX) sehingga pengguna bisa menggunakan berbagai layanan lewat arsitektur satu pintu.

BDx Indonesia kini memiliki fasilitas data center di seluruh pulau besar di Indonesia termasuk data center enterprise dan hyperscale di Jakarta dan Jawa Barat. Selain itu, perusahaan tengah mengembangkan data center hyperscale khusus AI di Suryacipta, Jakarta Timur.

Adapun, NeutraDC memiliki data center hyperscale di Cikarang dan Batam serta memiliki pusat data enterprise di beberapa titik di seluruh Indonesia.

"NeutraDC sangat senang dapat menjalin kolaborasi yang kuat bersama BDx Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur digital Indonesia," kata CEO NeutraDC, Andreuw Th A F.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia, Bogi Witjaksono, menjelaskan bahwa kerja sama ini bukan sebatas kerja sama co-location. Artinya, baik klien BDx atau NeutraDC bisa memanfaatkan infrastruktur yang disediakan oleh kedua perusahaan.

"Kerja sama kami enggak hanya colocation, tetapi lebih ke penyatuan ekosistem antara TDE dan BDx."

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240122140529-37-508002/telkom-dan-indosat-kompak-berbagi-data-center-di-penjuru-ri

Telkom dan Indosat Kompak, Berbagi Data Center di Penjuru RI Telkom dan Indosat Kompak, Berbagi Data Center di Penjuru RI Reviewed by zahrapkl on January 23, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.