Telkom dan Indosat Teken Kerjasama Perkuat Infrastruktur Digital




 PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Indosat Tbk (ISAT) menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat infrastruktur digital melalui ekosistem Internet Exchange (IX). CEO NeutraDC Andreuw Th A F, mengatakan bahwa NeutraDC sangat senang dapat menjalin kolaborasi yang kuat bersama BDx Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan infrastruktur digital Indonesia.

Andreuw meenyebut jika NeutraDC telah siap terhadap katalisasi demokratisasi akses internet di seluruh Indonesia dengan populasi yang besar. "Langkah berani ini bisa membuka peluang tanpa batas bagi ekonomi digital Indonesia, yang membawa perubahan dalam lanskap digital regional," katanya dalam keterangan resmi TLKM, dikutip Selasa (23/1). Adapun kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan joint venture dari BDx Data Centers (BDx), Indosat, dan Lintasarta.

Sementara CEO BDx Mayank Srivastava menjelaskan, dengan perluasan portofolio BDx Indonesia menjadi penyedia pusat data carrier neutral. Menurutnya, kolaborasi ini merupakan langkah besar menuju penciptaan infrastruktur digital mesh yang paling terhubung untuk Indonesia. Melalui kemitraan strategis, TLKM dan ISAT sepakat untuk memberdayakan bisnis pusat data masing - masing. Nantinya NeutraDC merupakan entitas pusat data dari Telkom Indonesia dan BDx Indonesia merupakan mitra bisnis pusat data Indosat. Adapun, ekspansi pesat dalam sektor e-commerce dan adopsi teknologi pada proses bisnis memberikan dorongan besar terhadap kebutuhan akan infrastruktur pusat data yang andal.

Semua pihak yang bekerja sama telah mengidentifikasi titik - titik fokus kunci ekosistem IX. Nantinya ekosistem IX berfokus pada lokasi carrier neutral yang memenuhi standar tier 3 dan tersebar di kota - kota utama di Indonesia. NeutraDC dan BDx Indonesia akan menjadi mengelola beberapa IX independen, bersama-sama menyediakan bantuan dan dukungan teknis untuk menciptakan interkoneksi ekosistem IX. Serta meningkatkan ketahanan infrastruktur internet dan menciptakan kerangka kerja internet nasional yang efisien.

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Ardiansyah menekankan komitmen TelkomGroup dalam memberikan layanan tanpa batas kepada pelanggan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital di regional. “Melalui keahlian NeutraDC dan BDx Indonesia, kami yakin dapat menciptakan solusi akses informasi yang inovatif dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis dalam menghadapi ekonomi digital regional," ujarnya. President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan kolaborasi yang disepakati melalui BDx Indonesia ini akan membantu memperkuat infrastruktur jaringan internet Indonesia secara signifikan dan mempercepat pemerataan digitalisasi dalam negeri.

"Kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat untuk membuka potensi ekonomi digital Indonesia demi kesejahteraan masyarakat luas," kata Vikram.

Sumber: https://katadata.co.id/lonaolavia/finansial/65af3d1493674/telkom-dan-indosat-teken-kerjasama-perkuat-infrastruktur-digital
Telkom dan Indosat Teken Kerjasama Perkuat Infrastruktur Digital Telkom dan Indosat Teken Kerjasama Perkuat Infrastruktur Digital Reviewed by zahrapkl on January 24, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.