Kembangkan Data Center, PT Telkom Indonesia Cari Investor Baru




 PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tengah mencari investor baru untuk mengembang bisnis data center. Telkom akan memberdayakan anak usahanya PT Telkom Data Ekosistem untuk pengembangan bisnis data center itu.

Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menjelaskan, sebenarnya perseroan telah mengembangan bisnis data center dengan menggandeng PT Indosat Tbk lewat NeutraDC dan BDx Indonesia.

Menurut dia, kerja sama dengan pihak lain dalam pengembangan data center adalah hal yang wajar. “Ekspansi yang kami butuhkan tidak hanya di Indonesia, tetapi kami ingin menjalin komunikasi dengan region seperti Malaysia, Filipina, dan Jepang untuk bisa memiliki data center,” ujarnya dalam Media Gathering di Jakarta, yang ditulis Jumat (2/2/2024).

Kekinian, tutur Honesti, tengah berusaha memperbesar kapasitas data center. Telkom juga berencana membangun kampus 1 dan kampus 2 Hyperscale data center di Cikarang dan Batam. Emiten bersandi saham TLKM ini juga akan menjadi sentra-sentra telpon yang berada di daerah menjadi data center.

“Kami butuh investor, karena mahal sekali investasi. Semua data center yang dibangun dari nol itu capital intensive semua,” jelas Honesti.

Sebagai informasi, Telkom Indonesia kekinian telah memiliki data center dengan kapasitas sekitar 40-59 Megawatt, dengan utilisasi sebesar 70 persen. Ke depan, perusahaan pelat merah itu akan membangun kembali data center dengan kapasaita 50 megawatt pada tahun 2024 ini.


Sumber: https://barta1.com/v2/2024/02/02/kembangkan-data-center-pt-telkom-indonesia-cari-investor-baru/

Kembangkan Data Center, PT Telkom Indonesia Cari Investor Baru Kembangkan Data Center, PT Telkom Indonesia Cari Investor Baru Reviewed by zahrapkl on February 04, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.