Peruri Ungkap Pemungut Meterai Elektronik Terbesar, BCA Juara


Jakarta, CNBC Indonesia - PT Peruri Digital Security (PDS) yang merupakan anak perusahaan dari Peruri, juga sebagai salah satu distributor resmi meterai elektronik dan produk-produk digital Peruri mengungkapkan sederet perusahaan yang sukses menerapkan meterai elektronik dalam proses bisnisnya.

Implementasi meterai elektronik telah berjalan hampir 2,5 tahun dimana PDS merupakan distributor meterai elektronik pertama yang telah memberikan layanan integrasi dan distribusi meterai elektronik bagi perusahaan-perusahaan yang ditunjuk DJP sebagai Pemungut. Hingga saat ini terdapat 75 perusahaan yang ditunjuk sebagai pemungut yang telah menggunakan meterai elektronik dari PDS.

Menurutnya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi perusahaan pemungut materai elektronik tersukses, diikuti oleh Stockbit Sekuritas, kemudian Phillip Sekuritas, Asuransi Manulife, Bank DBS, Alfamart dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).


Tetty Herawati Siregar, Direktur Utama PDS menekankan bahwa transformasi digital menjadi sebuah keniscayaan dan strategi baru dalam berkompetisi serta menjadi cara untuk meningkatkan efisiensi.

"Ke depannya, di era digitalisasi penggunaan meterai elektronik dan produk digital akan semakin dibutuhkan. Oleh karena itu PDS terus berusaha untuk menyediakan layanan dan solusi yang lebih baik, salah satunya dengan menyediakan solusi cyber security yang dapat meningkatkan keamanan sistem teknologi digital perusahaan pemungut," kata Tetty.

Meterai Elektronik telah menjadi fundamental pelengkap dalam transformasi digital pada institusi dan lembaga. Dengan ditunjuknya Peruri sebagai GovTech oleh Pemerintah, Peruri dapat mengakselerasi pertumbuhan penggunaan Meterai Elektronik karena dalam Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), dokumen yang dibubuhi meterai elektronik menjadi basic interaksi antara Pemerintah dengan masyarakat dan institusi lainnya.

Muhammad Tunjung Nugroho selaku Kepala Subdirektorat Peraturan PPN Perdagangan Jasa dan Pajak Tidak Langsung Lainnya menjelaskan pentingnya peran DJP, Peruri Group, dan Perusahaan Pemungut dalam kegiatan pungutan meterai elektronik.


"Pemungut diberikan amanah oleh undang-undang melalui DJP untuk melakukan kegiatan pungutan pajak objektif berupa meterai elektronik. Hasil pungutan tersebut akan digunakan untuk pembangunan negara," ucap Tunjung.

Untuk diketahui bahwa penerimaan negara dari meterai telah mencapai Rp6,7 triliun. DJP memperkirakan potensi penerimaan negara dari Meterai Elektronik masih sangat besar dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan negara. Ke depannya, DJP akan memperluas dan menambah pemungut untuk meraih potensi maksimal penerimaan negara dari meterai elektronik.

sumber :  https://www.cnbcindonesia.com/market/20240321102457-17-523997/peruri-ungkap-pemungut-meterai-elektronik-terbesar-bca-juara

 

Comments