Google Cloud Ungkap Deretan Layanan Andalan di 2024 dan Peran AI yang Makin Masif


Jakarta - Google Cloud telah memperkenalkan sejumlah layanan andalan dalam event Google Cloud Next 2024. Salah satunya yang terus ditingkatkan kemampuannya adalah Vertex AI.

Sebagai informasi, Vertex AI merupakan platform yang ditujukan bagi organisasi mengembangkan sekaligus meluncurkan layanan AI mereka sendiri. Platform ini diperkenalkan pertama kali pada 2021.

Director of Product Management Vertex AI Google Nenshad Bardoliwalla menuturkan, ada empat hal penting yang diperkenalkan Vertex AI dalam event Google Cloud Next tahun ini. Pertama, ada infastruktur.

Dijelaskan, pengguna Google Cloud saat ini bisa memilih antara infrastruktur yang Google tawarkan dalam hal machine learning, atau GPU dari NVIDIA. Selain itu, hal lain yang juga ditingkatkan adalah kehadiran AI generatif.

Setelah 2023 menjadi waktunya eksperimen bagi pengembangan AI generatif, kini Google Cloud meningkatkan layanannya dengan memperkenalkan kemampuan prompt management yang baru.

"Jadi, kami memperkenalkan kemampuan prompt management yang baru untuk memudahkan pengguna mengatur beragam versi prompt mereka yang berbeda-beda," tutur Nenshad pada Tekno Liputan6.com saat event Google Cloud Next 2024.

Selain itu, di Next tahun ini, Google juga memperkenalkan preview Gemini 1.5 Pro. Nenshad mengklaim, ini merupakan model terdepan dalam industri karena mendukung pengguna untuk memasukkan hingga 1 juta token, dan sepenuhnya multi-modal.

"Anda bisa secara bersamaan memasukkan informasi ke Gemini, mulai dari dokumen, gambar, video, audio, lalu meminta Gemini untuk mengolah empat model berbeda itu. Ini sangat luar biasa," ujarnya.

Terobosan lain yang juga diperkenalkan Google kali ini adalah agent builder. Menurut Nenshad, pengguna bisa memanfaatkan agent builder untuk membangun peran asisten secara spesifik untuk membantu mereka meraih hasil yang diinginkan.

"Agent bisa membantu saya untuk membuat kampanye pemasaran, membantu membuat keuntungan karyawan, atau membantu membeli set pakaian," ucapnya. Ia menyebut agent ini akan memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibandingkan chatbot tradisional.

Sebagai informasi, agen merupakan entitas pintar yang bisa melakukan sejumlah tindakan untuk membantu penggunanya mencapai tujuan spesifik. 

sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5578637/google-cloud-ungkap-deretan-layanan-andalan-di-2024-dan-peran-ai-yang-makin-masif?page=3

 

 

Comments