Lindungi Data Pemkab HSS dari Serangan Siber, Diskominfo Sosialisasikan Security Awareness

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi tantangan di ranah siber semakin kompleks dan meluas.

Peningkatan wawasan mengenai keamanan informasi pun dibutuhkan. Untuk itu, Pemkab Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Komunikasi dan informatika menyelenggarakan sosialisasi Keamanan Informasi “Security Awareness”.

Kepala Diskominfo HSS Hj Rahmawaty, didampingi Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo, Nani Yuniarty, Kamis (25/4/2024) mengatakan, Security awareness menjadi landasan penting dalam menjaga keberlangsungan dan integritas data dan informasi yang dimiliki Pemkab HSS.

“Setiap  hal berkenaan dengan teknologi, baik penggunaan perangkat elektronik, mengakses internet, atau bahkan berbagi informasi pribadi, kita harus memahami betapa pentingnya melindungi informasi itu dari ancaman  tak terduga,”katanya saat menyampaikan materi di Gedung 2 SKB Kandangan.

Rahmawaty mengingatkan, kesadaran Security Awareness tak hanya tanggung jawab tim IT atau tim keamanan informasi. Tapi  seluruh individu di setiap organisasi dimana setiap langkah meningkatkan keamanannya bisa melindungi diri  dan organisasi dari serangan siber.

Bagaimana meningkatkan keamanan informasi? Dijelaskan, bahwa penting untuk memahami ancaman di luar sana.

“Baik serangan phishing hingga malware dan serangan jaringan. Ada banyak bentuk ancaman setiap hari. Dengan memahami bagaimana ancaman ini bekerja, kita dapat lebih waspada dan lebih siap menghadapinya,”imbuhnya.

Disebutkan, langkah penting  yang dilakukan, salah satunya melalui penggunaan sertifikat elektronik.

Sertifikat elektronik merupakan alat yang memberikan keamanan tambahan pada data dan transaksi online.

Dengan sertifikat elektronik, identitas digital dapat diverifikasi, sehingga memastikan komunikasi dan transaksi aman dan terjamin.

Rahmawaty pun berharap sosialisasi  ini meningkatan pemahaman dan kesadaran bersama untuk melindungi informasi pribadi dan institusi fari ancaman siber yang terus berkembang.

Pada kegatan itu, juga dibuka sesi presentasi dan diskusi, dipandu oleh Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo HSS.

sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2024/04/25/lindungi-data-pemkab-hss-dari-serangan-siber-diskominfo-sosialisasikan-security-awareness


Comments