Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Selama Penerbangan untuk Menghindari Serangan Siber


JAKARTA - Penumpang yang senang menggunakan Wi-Fi di pesawat harus berhati-hati, karena hacker menggunakan taktik licik untuk meretas privasi Anda selama penerbangan.

VPN (Virtual Private Network) cenderung putus-putus saat di udara daripada saat di darat. Tanpa lapisan perlindungan tersebut, penjahat SIBER yang menggunakan Wi-Fi maskapai yang sama dapat dengan mudah mengakses perangkat Anda, mengambil informasi Anda, dan menyebarkan malware.

Simak beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk tetap aman.

  1. Periksa Jaringan yang Benar

Sebagian besar dari kita melihat nama jaringan yang terlihat benar dan mengkliknya tanpa berpikir panjang - dan itulah yang diharapkan oleh hacker.

Penjahat dapat membuat jaringan Wi-Fi palsu dengan nama yang hampir identik dengan maskapai penerbangan. Jika tidak hati-hati, Anda bisa terhubung ke jaringan palsu daripada yang asli.

Jika ada beberapa opsi yang terlihat mirip, tanyakan kepada staf maskapai penerbangan mana yang benar. Mereka bahkan mungkin memberikan peringatan di udara jika Anda melihat jaringan palsu.

  1. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) MEMANG tidak terlalu andal di udara, tetapi masih berfungsi saat diaktifkan.

Biasanya, apa pun yang Anda lakukan di internet bisa dilihat oleh siapa pun yang memiliki pengetahuan yang tepat. VPN mengenkripsi data Anda — bertindak sebagai perisai dari mata yang ingin mencuri informasi.

Ini sangat penting jika Anda mengunjungi situs yang mengandung informasi finansial atau penting lainnya. Pastikan VPN Anda aktif sebelum Anda login.

  1. Gunakan Situs yang Dienkripsi (HTTPS)

Ini adalah aturan umum yang baik kapan pun, tetapi terutama ketika Anda menggunakan jaringan yang tidak dikenal. Hanya kunjungi situs yang dienkripsi — yang dimulai dengan 'HTTPS.'

'S' tersebut penting; itu menunjukkan bahwa situs tersebut aman (save).

Ini biasanya mencegah seorang hacker melihat aktivitas Anda di situs tersebut, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit yang Anda ketikkan.

  1. Jangan Unduh File Apapun

Biarkan kecepatan dan batasan data terabaikan, fokuslah pada keamanan di sini. Transfer data terbuka dengan koneksi yang tidak aman (seperti yang ada di penerbangan Anda).

Seorang hacker tidak perlu bekerja keras untuk menyadap unduhan dan membaca semua isinya.

Lebih baik menyiapkan unduhan apa pun yang Anda perlukan sebelumnya sebelum pergi ke bandara, atau tunggu sampai mendarat dan dapat menggunakan jaringan yang terpercaya.

sumber : https://voi.id/teknologi/375328/tips-aman-menggunakan-wi-fi-selama-penerbangan-untuk-menghindari-serangan-siber

 

 

Comments