Ada Malware Android Baru Berbahaya yang Kuras Rekening Bank, Jangan Buka SMS Sembarangan!


Jakarta - Badan Transportasi dan Komunikasi Finlandia (Transport and Communications Agency/Traficom) memperingatkan tentang serangan malware Android yang sedang berlangsung, mencoba membobol rekening bank online.

Traficom menyoroti beberapa kasus pesan SMS yang ditulis dalam bahasa Finlandia, menginstruksikan si penerima untuk menghubungi suatu nomor.

Mengutip BleepingComputer, Selasa (7/5/2024), penipu yang menjawab panggilan tersebut menginstruksikan korban untuk memasang aplikasi anti-virus McAfee untuk perlindungan.

Pesan itu diduga dikirim dari bank atau penyedia layanan pembayaran seperti MobilePay, dan pesan tersebut menggunakan teknologi spoofing agar terlihat seolah-olah berasal dari operator telekomunikasi domestik atau jaringan lokal.

Aplikasi McAfee palsu buatan hacker itu adalah malware yang memungkinkan pelaku membobol rekening bank korban.

“Menurut laporan yang diterima oleh Cyber Security Center, target didorong untuk mengunduh aplikasi McAfee,” demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

Tautan unduhan menawarkan aplikasi .apk yang dihosting di luar toko aplikasi untuk perangkat Android. Namun, ini bukan perangkat lunak antivirus tetapi malware yang akan diinstal pada ponsel.

sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5589680/ada-malware-android-baru-berbahaya-yang-kuras-rekening-bank-jangan-buka-sms-sembarangan?page=2

 

 

 

Comments