KPKNL Pekanbaru dan KPTIK BMN Medan Budayakan Security Awareness melalaui Sosialisasi Keamanan Informasi


Pekanbaru, 7 Maret 20024 – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru bekerjasama dengan Kantor Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Barang Milik Negara (KPTIK BMN) Medan bersinergi dalam mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya keamanan informasi. Acara yang digelar secara daring ini dihadiri oleh pejabat/pegawai terkait yang melaksanakan tugas dan fungsi Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) lingkup Sumatera.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para pegawai tentang pentingnya menjaga keamanan informasi dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dalam era digital saat ini, ancaman terhadap keamanan informasi semakin kompleks dan beragam, sehingga langkah-langkah preventif sangat diperlukan untuk melindungi data dan informasi negara.

Kegiatan dibuka dengan welcoming speech dari Bapak Anandita Ramdhani Widigdya, Kepala KPTIK BMN Medan yang menyampaikan bahwa upaya membudayakan security awareness ini sangatlah penting sehingga diharapkan tidak saja berguna untuk diri sendiri, terutama bagi keberlangsungan bisnis proses di Kementerian Keuangan. Fakta tentang  tingginya serangan cyber di Indonesia, kebocoran data, hingga perilaku pegawai itu sendiri menjadikan tanggung jawab keamanan informasi terletak pada pundak setiap pegawai Kemenkeu.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Muhammad Salahuddien Manggalanny, Deputy of Operation, Indonesia Cyber Security Independent Resilience Team. Dalam materinya, Bapak Salahuddien menjelaskan berbagai ancaman keamanan informasi yang sering dihadapi dan bagaimana membangun security awareness ini dimulai dari kesadaran atas privasi diri sehingga dapat mencegah over exposure. Narasumber juga memberikan tips untuk menghindari ancaman tersebut, seperti pentingnya penggunaan kata sandi yang kuat, rutin melakukan pembaruan sistem, menggunakan alamat email/nomor seluler khusus, dan tidak sembarangan membuka email dari sumber yang tidak dikenal.

Selain itu, sesi tanya jawab yang interaktif juga mewarnai acara ini, di mana para peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman terkait keamanan informasi di lingkungan kerja mereka masing-masing. Selanjutnya acara ditutup dengan closing remarks dari Maulina Fahmilita, Kepala KPKNL Pekanbaru yang menekankan tentang pentingnya peningkatan literasi digital sebagai implementasi dari standardisasi  pengelolaan akun dan kata kandi, surat elektronik, dan internet sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 411 Tahun 2023. Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat sinergi dalam menghadapi tantangan keamanan informasi di era digital. 

sumber : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekanbaru/baca-berita/35067/KPKNL-Pekanbaru-dan-KPTIK-BMN-Medan-Budayakan-Security-Awareness-melalaui-Sosialisasi-Keamanan-Informasi.html

 

Comments