ASUS ExpertBook P5440FA, Laptop Bisnis Super Tangguh

ASUS ExpertBook P5440FA

ASUS ExpertBook P5440FA laptop handal dan tangguh yang dapat melengkapi kebutuhan bisnis anda. Seri laptop terbaru ini telah diluncurkan untuk pengguna kalangan profesional bisnis.
Kelebihan lain dari ASUS ini merupakan laptop kelas militer. Meskipun tampilan laptop ini dari segi bentuk dan warna sangat standar, tapi perangkat ini cukup handal dalam urusan ergonomi.

Spesifikasi ASUS ExpertBook P5440FA

Spesifikasi yang dimiliki laptop kelas militer ini sangat mumpuni. Prosesor yang dipakai adalah Intel Core i5-8265U dengan kecepatan 1.8GHz hingga dapat mencapai 3.9 GHz.
Kinerja prosesor juga didukung GPU yang diintegrasi Intel UHD 620 dengan kecepatan 300 MHz sampai 1.1 GHz.
Laptop ini tidak disertai dengan kartu grafis yang terpisah dikarenakan lebih ditujukan pada kalangan eksekutif. Jadi, untuk kebutuhan seperti gamingrendering dan yang lainnya kurang tangguh.
Memori yang disematkan dalam ExpertBook P5440FA mempunyai RAM tipe SO-DIMM DDR4. Kapasitasnya mencapai 8 GB dan hanya terpasang pada satu channel saja. Memory dapat diperluas lagi hingga 16 GB.
Sementara pada penyimpanannya telah memakai SSD NVme M.2 yang berkapasitas 256 GB. Jika ingin memperluasnya, maka dapat menggunakan slot SATA yang tersedia.
Pada sektor baterai, ASUS ExpertBook P5440FA telah dibenamkan baterai 3-cells dengan kapasitas 50 Whr. Lalu, pada konektivitasnya mempunyai integrated Wifi 5.
Pengguna dengan mudah dapat terhubung dengan koneksi Wifi 2.4 GHz dan 5 GHz. Selain itu, juga ada Bluetooth 4.2 untuk koneksi wireless.
Dukungan sistem operasi Windows 10 secara pre installed akan semakin memanjakan para pengguna. Sistem operasi tersebut mempunyai beberapa fitur andalan.
Diantaranya adalah Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer atau EMIE, Assigned Access 8.1, Domain Join, Remote Desktop, Client Hyper-V, Direct Access, serta Group Policy Management. Keamanan data yang ekstra akan semakin terkendali untuk kebutuhan para pebisnis.

Performa Handal

Laptop ASUS ExpertBook P5440FA dapat digunakan untuk kegiatan multitasking dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai macam kegiatan komputasi dapat dilakukan secara bersamaan dengan lancar.
Misalnya saja, mengetik, membuka tab browser lebih dari satu, mengedit foto, mendengarkan music, hingga melakukan streaming video.
Performa laptop dapat diketahui dengan menggunakan berbagai aplikasi. Seperti Cinebench R15, 3DMark, PCMark serta CrystalDisk. Aplikasi tersebut dipakai untuk melakukan benchmark.
Berkat dukungan CPU yang tinggi dan prosesor Intel Core i5-8265U atau Whiskey lake, dapat memperlihatkan jika laptop ini dalam menempuh berbagai aktivitas sangat lancar.
Memang dari segi grafis, laptop ini kurang mumpuni. Karena hanya dibekali dengan integrated GPU Intel HD 620.

Body dan Layar

Layar mempunyai ukuran dimensi 26 mm x 229.3 mm x 10.1 mm. Pada bagian atas cukup tipis, sementara pada bagian bawahnya agak tebal.
Pada bagian atas Lid laptop terdapat logo Asus. Ukuran layar ASUS ExpertBook P5440FA sebesar 14 inci yang beresolusi FHD 1080p.
Dukungan layar telah memakai fitur Anti Glare 60Hz serta view angle hingga 178 derajat. Engsel layar bisa berputar hingga 180 derajat.
Desain keyboard dipercantik dengan tambahan lampu backlit warna putih. Tombol power diletakkan dekat dengan tombol delete.
Namun keberadaan tombol power dirasa kurang pas dan nyaman. Karena, saat bekerja atau mengetik kadang salah menekan tombol tersebut. Sehingga laptop akan standby atau masuk mode Sleep.
Pada rasio body lebih lebar dengan adanya touchpad. Antara tombol touchpad kiri dan kanan tidak ada pembatas. Posisi fungsi scroll yang biasanya diletakkan di pojok kanan touchpad juga tidak ada pembatas.

Baterai Berkapasitas 50WHr

Kapasitas baterai yang disematkan dalam ASUS ExpertBook P5440FA cukup besar. Pengisian dayanya mulai dari 5% sampai penuh hanya membutuhkan kurang lebih 2 jam.
Pada adaptor pengisian telah dilengkapi dengan output yang besar, yakni 65W atau 19V/342A. Dalam pengujian dengan memutar video Full HD secara looping dan dalam mode Best Perfomance, laptop dapat bertahan hingga 9 jam.
Hal tersebut menunjukkan kemampuan baterai yang layak untuk diperhitungkan. Laptop dalam pemakaian keseharian dengan mode Better Performance dapat digunakan selama 10 jam tanpa terhubung dengan pengisian daya.

Harga ASUS ExpertBook P5440FA

Laptop dari ASUS ini mempunyai banyak kelebihan. Mulai dari kelengkapan menggunakan Windows 10 dan juga sistem keamanan yang bervariasi.
Laptop dibanderol dengan harga di atas 13 juta. Harga tersebut sangat sebanding dengan kenyamanan dan keamanan ekstra yang ditawarkan.
Hardware dan software ASUS ExpertBook P5440FA pun layak untuk diperhitungkan. Untuk kalangan profesional bisnis, harga itu sudah selayaknya diberikan. (R10/HR-Online)

Comments