Begini Cara Mudah Berbagi Password Wi-Fi dari Smartphone Android

Password

Pengaturan Android tidak membiarkan pengguna melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan. Tapi ada beberapa langkah mudah untuk melihatnya dan bahkan membaginya melalui kode QR.
Dilansir dari Android Pit, berikut cara mudah berbagi kata sandi Wi-Fi di Android:

1. Cara berbagi kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 10
Dalam sistem operasi terbaru, Google menambahkan fitur yang paling dicari pengguna untuk sistem operasi Android.
Pengguna sekarang dapat dengan mudah melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan apapun yang sebelumnya dihubungkan serta membagikan kata sandi melalui kode QR.

Untuk melakukannya, buka Seetings > Network and Internet. Ketuk Wi-Fi di bagian atas menu > pilih jaringan Wi-Fi yang ingin pengguna lihat kata sandinya. Pengguna akan melihat dua opsi utama dengan warna biru, Forget dan Share. Pilih opsi Share.
Pengguna perlu memverifikasi identitas dengan pengenalan wajah, sensor sidik jari, PIN, atau kata sandi.
Sekarang pengguna dapat melihat kode QR untuk berbagi kata sandi dan kata sandi dalam teks biasa yang ditulis di bawah kode.

2. Cara berbagi kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 9 atau versi yang lebih lama
File dengan kode akses Wi-Fi tersimpan di area sistem file yang hanya dapat diakses pada perangkat Android yang di-root. Namun, jangan gegabah untuk melakukan rooting perangkat.

Jika pengguna memutuskan untuk rooting perangkat, pengguna memiliki dua opsi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengakses file tidak terenkripsi. Menggunakan aplikasi adalah opsi yang lebih cepat dan mudah.

Ada beberapa aplikasi yang dapat menampilkan kata sandi Wi-Fi tersimpan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, seperti Wifi Password Show.
Tetapi perlu diingat, untuk menggunakan aplikasi ini pengguna tetap harus melakukan rooting perangkat. Aplikasi sebesar 2,7 MB ini pun tidak memiliki iklan dan mudah digunakan.

Opsi lainnya adalah menemukan pengelola file yang menampilkan konten root dengan menggunakan aplikasi Amaze File Manager yang dapat diunduh secara gratis.
Pertama, pengguna harus mengotorisasi file explorer untuk membuka direktori root. Opsi ada di bagian bawah pengaturan aplikasi.

Selanjutnya, masuk ke direktori dengan membuka data > misc > wifi. Di folder ini, cari file bernama wpa_supplicant.conf.
File ini berisi semua jaringan dalam bentuk teks biasa. Kata sandi Wi-Fi pun ditampilkan dalam file ini.

Comments