[HOAKS] Penerimaan Karyawan PT Freeport Indonesia 2021

 Ilustrasi hoaks


 KOMPAS.com - Di media sosial, beredar informasi mengenai penerimaan karyawan PT Freeport Indonesia 2021. Informasi itu menyebutkan, ada 29 lowongan yang dibuka dengan syarat minimal pendidikan SMA/SMK sederajat. Disebutkan pula bahwa penerimaan karyawan PT Freeport Indonesia itu dibuka hingga 29 Januari 2021. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi itu hoaks atau tidak benar.


Narasi yang beredar Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut disebarkan oleh akun Facebook Sabhira. Akun tersebut mengunggah informasi lowongan pekerjaan di PT Freeport Indonesia 2021 pada Jumat (15/1/2021). Akun lainnya, Marpil Sonny Ericson, juga mengunggah informasi yang sama. Berikut kutipan narasi yang beredar: "Penerimaan Karyawan.PT FREEPORT INDONESIA TBK Tahun 2021 Penerimaan di buka sampai 29 januari 2021 Kami Membuka Kesempatan Bagi Anda Untuk Turut Bergabung Bersama Lebih Dari 12.000 Tenaga-Tenaga Profesional Di Bidangnya Dan Bersama-Sama Mengatasi Tantangan Menjadi Peluang Keberhasilan Posisi Yang Dibuka A.Mining : . Manager Produksi . Superintendent Produksi . Supervisor Produksi . Foreman Produksi . Mining Planning/Engineering . Geologist . Surveyor B.Repair & Maintenance : . Supervisor Mekanik . Foreman Mekanik . Maintenance Planning . Mekanik I . Mekanik II . Electric . Welder . Tyreman . Paramedis

C.Supporting : . Operator Excavator . Operator Bulldozer . Operator Motor Grader . OPerator Loader . Driver Articulated . Driver Dump Truck . Driver Lv . Chief Security D.Logistik & Hrd : . Supervisor Logistik . Purchasing . Storeman . Admin Logistik . Personalia Site Persyaratan • Pria/Wanita • (WNI) Warga Negara Indonesia • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat • Bagi yang tidak punya ijasah bisa menggunakan surat pengalaman kerja • Pengalaman minimal 1 tahun Persyaratan umum 1. Memiliki motivasi kerja tinggi dan loyalitas kepada perusahaan 2. Mau dan Mampu Bekerja keras, Bekerja sama dalam tim, Fair, TanggungJawab dan Mengutamakan Kejujuran 3. Untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja atau yang baru merintis didunia kerja 4. Siap bekerja dalam jangka waktu dekat (setelah interview) Prosedur Dalam Melamar Pekerjaan : Kirimkan berkas lamaran anda Secara Online melalui https://ptfreeport.id Jadi Persiapkan diri Anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil Untuk sahabat Apabila artikel lowongan kerja ini bermanfaat silahkan share atau bagikan di media sosial supaya bermanfaat bagi sahabat yang membutuhkan. HATI-HATI PENIPUAN yang mengatas namakan PT FREEPORT INDONESIA TBK tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrumen ini berjalan"


Hingga hari ini, Sabtu (23/1/2021), unggahan tersebut telah disukai 85 kali dan dibagikan 27 kali.


Benarkah informasi tersebut?   Penelusuran Kompas.com Informasi mengenai penerimaan karyawan di PT Freeport Indonesia 2021 itu tidak benar. Melalui akun resmi PT Freeport Indonesia, @freeportindonesia, disebutkan bahwa PT Freeport Indonesia (PTFI) tidak mengiklankan lowongan kerja melalui media sosial. Media sosial PTFI, Facebook: @IDFreeport, Twitter: @IDFreeport, LinkedIn: Freeport Indonesia hanya berisi mengenai informasi perusahaan dan kegiatannya. Lowongan kerja PTFI secara online hanya dapat diakses melalui situs perusahaan yaitu https://ptfi.co.id/career. Setelah dibuka, terdapat informasi bahwa situs tersebut adalah situs resmi dan satu-satunya terkait rekruitmen PT Freeport Indonesia. Akan tetapi, hingga berita ini dibuat, belum ada informasi lowongan pekerjaan yang ditampilkan di laman tersebut. "Saat ini belum terdapat lowongan kerja," tulis keterangan PT Freeport Indonesia. Tertulis pula, PT Freeport Indonesia mengimbau para pencari kerja untuk berhati-hati dan mewaspadai beragam modus penipuan perekrutan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia. Dalam setiap proses rekrutmen dan penerimaan karyawan, PT Freeport Indonesia maupun konsultan rekruitmennya tidak memungut biaya apapun. Proses rekrutmen atau penerimaan karyawan hanya dilakukan oleh petugas Talent Acquisition dari Human Resources Division perusahaan melalui e-mail: ptfi_e-recruitment@fmi.com.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/23/202700365/hoaks-penerimaan-karyawan-pt-freeport-indonesia-2021?page=all

Comments