Indeks KAMI: Mengenal Indeks Keamanan Informasi

Indeks KAMI (Keamanan Informasi) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk menganalisa dan mengevalusi tingkat kesiapan (kelengkapan dan kematangan) penerapan keamanan informasi di sebuah organisasi sesuai dengan kriteria pada SNI ISO/IEC 27007, yaitu:


1.Tata Kelola

2.Pengelolaan Risiko

3.Kerangka Kerja

4.Pengelolaan Aset

5.Aspek Teknologi

6.Indeks KAMI


1.Tata Kelola Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kesiapan bentuk tata kelola keamanan informasi beserta Instansi/fungsi, tugas dan tanggung jawab pengelola keamanan informasi.

2.Pengelolaan Risiko Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kesiapan penerapan pengelolaan risiko keamanan informasi sebagai dasar penerapan strategi keamanan informasi.

3.Kerangka Kerja Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan dan kesiapan kerangka kerja (kebijakan & prosedur) pengelolaan keamanan informasi dan strategi penerapannya. 

4.Pengelolaan Aset Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan pengamanan terhadap aset informasi, termasuk keseluruhan siklus penggunaan aset tersebut; dan

5.Teknologi dan Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan, konsistensi dan efektivitas penggunaan teknologi dalam pengamanan aset informasi.

6.Alam setiap area, proses evaluasi akan membahas sejumlah aspek yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan utama dari pengamanan di area tersebut. Setiap aspek tersebut memiliki karakteristik tersendiri terkait dengan pentahapan penerapan pengamanan sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 27001:2009. Aspek yang dibahas (disampaikan dalam konteks pertanyaan) terdiri dari bentuk kerangka kerja dasar keamanan informasi, efektivitas dan konsistensi penerapannya, sampai dengan kemampuan untuk selalu meningkatkan kinerja keamanan informasi.Bentuk pengamanan terakhir ini sesuai dengan kesiapan minimum yang diprasyaratkan oleh proses sertifikasi standar SNI ISO/IEC 27001:2009.

Sumber : https://itgid.org/indeks-kami/

Comments