Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

 Ilustrasi sistem operasi komputer


 KOMPAS.com - Sistem operasi komputer digunakan untuk menghubungkan perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware). Sistem operasi komputer diperlukan supaya kinerjanya berjalan dengan baik. Setiap komputer memerlukan sistem operasi agar bisa dijalankan atau digunakan. Dalam hal ini, sistem operasi memberikan perintah dan sebagai mediator antara manusia dengan komputer.


Pengertian sistem operasi komputer Menurut Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini, sistem operasi komputer berarti komponen dan metode kerja yang ada dalam komputer. Tujuannya untuk menghubungkan manusia dengan komputer atau perangkat lunak dengan perangkat keras. Sistem operasi dalam bahasa Inggris dikenal sebagai operating system. Sistem operasi  menjadi hal yang paling mendasar dan harus ada saat akan menjalankan komputer.


Fungsi sistem operasi komputer Mengutip dari buku Cara Mudah Desain Sistem Operasi Linux Ubuntu, 16.04 LTS Edition dalam 5 Jam (2020), fungsi utama dari sistem operasi ialah mengelola sumber daya yang ada pada komputer. Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk menyediakan layanan ke pengguna, sehingga bisa lebih mudah saat memanfaatkan berbagai sumber daya komputer. Selain dua fungsi tersebut, sistem operasi komputer atau operating system juga berfungsi untuk mengelola data yang ada dalam komputer serta mengatur perangkat lunak dan perangkat keras agar bisa bekerja dengan stabil. Jenis sistem operasi komputer Dalam buku Pengembangan Smart Conveyor pada Tracking Barang Berbasis IoT (2020) karya Syafrial Fachri Pane, dkk, ada empat jenis sistem operasi komputer, yakni: MS DOS (Disk Operating System) MS DOS merupakan sistem operasi komputer yang paling lama. Tampilannya berbeda dengan sistem operasi komputer saat ini, karena pemberian instruksinya dilakukan lewat tulisan. Kelebihan utama dari MS DOS ialah tidak banyak menghabiskan memori komputer. Namun, kelemahannya ialah instruksi diberikan lewat tulisan dan tidak ada grafisnya sama sekali. Sistem operasi Windows Windows menjadi operating system terbanyak yang digunakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Windows juga mudah ditemui dalam berbagai komputer atau laptop.  Kelebihan utama dari sistem operasi Windows ialah cara menjalankan dan instalasinya mudah. Sedangkan kelemahan utamanya ialah rentan terkena virus.


Sistem operasi Linux Linux juga cukup sering digunakan oleh pengguna komputer, walau jumlahnya tidak sebanyak sistem operasi Windows. Linux memungkinkan penggunanya untuk melakukan modifikasi untuk meningkatkan kinerja sistemnya. Kelebihan utama dari sistem operasi Linux ialah bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, tetapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham teknologi. Untuk kelemahan utamanya ialah cara instalasinya lebih susah dibanding Windows. Sistem operasi MacOS MacOS sering juga disebut Machintosh. Sistem operasi ini hanya disediakan untuk komputer Apple. Pengguna MacOS jauh lebih sedikit dibanding pengguna Windows dan Linux. Kelebihan utama dari sistem operasi MacOS ialah tidak mudah terkena virus. Sedangkan kelemahan utamanya ialah menjalankan sistem operasinya agak lebih susah dibanding Windows dan Linux. Cara kerja sistem operasi komputer Sistem operasi komputer memiliki empat tahap cara kerja, yakni: Melakukan manajemen proses. Artinya sistem operasi melakukan penjadwalan, pembuatan file, penghapusan file, dan lain sebagainya. Sistem operasi komputer hanya bisa bekerja setelah menerima instruksi dari penggunanya.  Setelah menerima instruksi, kemudian dikelola atau diubah menjadi informasi yang diterima oleh perangkat lunak atau software yang ada di komputer. Tampilan komputer (hardware) akan berubah beberapa saat setelah sistem operasi memproses instruksi dan menjalankan apa yang diinginkan penggunanya.


Contoh sistem operasi komputer Contoh sstem operasi dalam komputer adalah Windows. Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Sistem operasi ini masih mengalami pengembangan fitur dan lain sebagainya. Contohnya Windows 10, Windows Vista, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada sistem operasi Linux dan MacOS yang digunakan masyarakat walau tidak sebanyak Windows. Tentunya sistem operasi ini akan terus mengalami pengembangan atau peningkatan fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/15/144350269/sistem-operasi-komputer-pengertian-fungsi-jenis-cara-kerja-dan-contohnya?page=all

Comments