CEK FAKTA: Hoaks Bantuan Rp1 Juta per 1 Agustus 2021

 


CEK FAKTA: Hoaks Bantuan Rp1 Juta per 1 Agustus 2021


Informasi pemerintah berikan bantuan Rp1 juta dari pemerintah selama PPKM beredar di media sosial. Pengunggah video menyertakan tautan untuk mencocokkan data.

"Informasi :
bagi yang sudah memiliki KARTU VAKSINASI sudah bisa mengambil kompenasi PPKM Per TGL 1 AGUSTUS 2021 sebesar Rp.1.000.000 untuk biasa # PPKM Silakan cek apakan nama anda tercantu, dan cocokkan dengan NIK E-KTP anda melalui link berikut ini:
https://s.id/ektp-covid19"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri kebenaran informasi tersebut. Hasilnya, informasi bantuan Rp1 juta selama PPKM per 1 Ahustus 2021 itu adalah hoaks.

Setelah merdeka.com mencari dan membuka tautan tersebut, muncul gambar bertuliskan "NGIMPI".

Jenis-jenis bantuan pemerintah selama PPKM darurat dijelaskan dalam artikel merdeka.com berjudul "PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Detail Bantuan Pemerintah Bisa Diterima Rakyat".

Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Pulau Jawa dan Bali mulai besok 26 Juli - 2 Agustus 2021 mendatang. Pelaksanaan PPKM diberlakukan secara gradual dalam empat tingkatan (tingkat 1-4).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah sudah menyiapkan berbagai bantuan untuk meringankan beban masyarakat selama pelaksanaan PPKM Level 4 ini.

Berikut bantuan sosial untuk masyarakat selama masa PPKM Level 4:

1. Kartu Sembako

Kartu sembako ini besarannya Rp200.000 yang diberikan ke 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Ada juga Kartu sembako PPKM yang diajukan oleh daerah sebesar 9,5 juta KPM dengan besaran yang sama Rp200.000 dan diberikan selama 6 bulan.

2. Perpanjangan Bantuan Sosial Tunai

Bantuan sosial tunai pada bulan Mei-Juni disalurkan di bulan Juli sebesar Rp6,14 triliun untuk 10 juta KPM.

3. Subsidi Kuota Internet

Diberikan, selama 5 bulan dari Agustus-Desember untuk 38,1 juta penerima yang besarnya Rp5,54 triliun.

4. Diskon Listrik

Diskon listrik ini diperpanjang selama tiga bulan dari Oktober sampai Desember, dengan total Rp1,91 triliun untuk 32,6 juta pelanggan

5. Bantuan Rekening Minimum Biaya Abodemen

Bantuan ini dilanjutkan selama tiga bulan Oktober-Desember yang diberikan ke 1,14 juta pelanggan dengan nilai Rp420 miliar.

6. Subsidi Upah

Subsidi upah ini besarnya Rp8,8 triliun. Subsidi upah ini bagi pekerja yang terdaftar di BPJS naker dan diberikan di level 3 dan level 4.

7. Bantuan Beras

Bantuan beras sebesar 10 Kg diberikan untuk 28,8 juta KTM. Tahap pertama diberikan ke 20 juta KPM dan tahap kedua 8,8 juta KPM.

Kesimpulan

Informasi bantuan Rp1 juta selama PPKM darurat per tanggal 1 Agustus 2021 adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi terkait informasi tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

sumber:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-bantuan-rp1-juta-per-1-agustus-2021.html



Comments