Tips Mengetahui Akun Instagram, Facebook, dan Twitter Kamu Di-stalking

 

Tips Mengetahui Akun Instagram, Facebook, dan Twitter Kamu Di-stalking


Tidak sedikit pengintai atau stalker yang membahayakan dan ada baiknya kamu mengetahui tanda-tandanya.

Dilansir dari The Sun, Senin (16/8/2021), para pakar keamanan online mengungkapkan tanda-tanda paling jelas dan petunjuk tersembunyi yang harus diwaspadai.

Menurut Paul Bischoff, dari Comparitech tergantung pada tingkat stalking atau menguntitnya.

"Tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang melihat informasi yang kamu posting secara publik, seperti foto di Instagram, kecuali mereka berinteraksi dengan postingan kamu," jelasnya.

Menurut dia, satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak memosting atau menjadikan akun kamu pribadi.

"Penguntit dunia maya yang lebih serius memasang dan menginfeksi perangkat korban mereka dengan malware yang dapat memantau panggilan, SMS, dan penjelajahan web," ungkap Paul.

Ponsel atau perangkat lain milikmi mungkin menunjukkan gejala jika ini masalahnya

iPhone biasanya harus di-jailbreak agar perangkat penguntit dapat berfungsi, jadi periksa aplikasi seperti Cydia dan SBSettings yang sering digunakan dengan ponsel yang sudah di-jailbreak.

Baterai yang cepat habis, pemberitahuan tak terduga, dan waktu mulai atau mati yang lambat bisa menjadi tanda-tanda adanya malware.

"Kamu dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan pengurasan baterai atau sumber daya yang digunakan di Android," katanya.

Stalkerware biasanya cukup aktif dan akan muncul di dekat bagian atas hasil, seringkali dengan nama yang mencurigakan.

"Penguntit mungkin menunggu kamu di aplikasi obrolan yang menunjukkan status pengguna saat ini (misalnya titik hijau Facebook Messenger untuk pengguna aktif)," ungkap dia.

Sementara itu, Chris Hauk, dari Pixel Privacy mengungkapkan bahwa kamu mungkin melihat banyak teks, email, atau pesan lain dari penguntit online.

"Ini terjadi bahkan setelah kamu memberi tahu orang itu untuk tidak lagi menghubungi," katanya.

Mereka mungkin memaksa kamu menanggapi pesan dengan mengancam menyakiti orang yang dicintai, atau mengancam untuk menyakiti diri sendiri jika tidak menanggapi tawaran mereka.

"Kamu mungkin juga memperhatikan bahwa penguntit mengomentari atau 'menyukai' sebagian besar posting media sosial mu," jelas Chris.

Sementara teman dan keluarga pasti akan 'menyukai' postingan, seorang cyberstalker mungkin menyukai atau mengomentari apa yang tampak seperti semua postingan kamu

"Penguntit dunia maya akan melacak kamu di media sosial, mungkin menghubungi teman atau keluarga untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kamu," ujarnya.

Berikut adalah tanda-tanda penting yang harus kamu perhatikan di semua media sosialmu.

Sumber:

https://www.suara.com/tekno/2021/08/16/055949/tips-mengetahui-akun-instagram-facebook-dan-twitter-kamu-di-stalking?page=1


Comments