Facebook Dinilai Kurang Maksimal Kurangi Penyebaran Hoaks Seputar Perubahan Iklim

Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

Jakarta - Upaya Facebook untuk mengurangi hoaks terkait perubahan iklim dirasa masih kurang maksimal. Hal ini disampaikan oleh salah satu organisasi lingkungan, Friends of Earth.

Dalam studinya, Friends of Earth menemukan bahwa hoaks seputar perubahan iklim masih menyebar dengan masif di Facebook. Akibatnya tentu sangat fatal karena bisa memengaruhi warga maupun pembuat kebijakan melawan krisis iklim.

Itu sebabnya Friends of Earth meminta Facebook bertindak lebih banyak untuk mengurangi penyebaran hoaks itu.

"Untuk perusahaan yang menghasilkan 85 miliar dolar AS per tahun, program 1 juta dolar yang mengalihdayakan masalah yang mereka buat menunjukkan bahwa Facebook tidak serius menyelesaikan disinformasi iklim," ujar salah satu pendiri Friends of the Earth, Michael Khoo dilansir Mother Jones.

"Facebook tahu ada akun-akun yang sengaja menyebar hoaks seputar perubahan iklim dan mereka harus mengakhirinya," katanya menambahkan.

Facebook sendiri membantah tuduhan tersebut. Mereka menilai upaya serius telah dilakukan salah satunya dengan meluncurkan fitur Pusat Informasi Perubahan Iklim belum lama ini.

"Pusat Informasi ini akan menghubungkan pengguna ke informasi yang terpercaya dan terkini tentang perubahan iklim," bunyi pernyataan Facebook.

Sumber : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4663932/facebook-dinilai-kurang-maksimal-kurangi-penyebaran-hoaks-seputar-perubahan-iklim

Comments