[HOAKS] Kategori Usia Terbaru dari WHO, Pemuda Berusia 18-65 Tahun

Ilustrasi hoaks.(KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO)

- Sebuah informasi yang mengklaim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan kriteria kelompok usia terbaru beredar di media sosial.


Dalam narasi yang beredar disebutkan bahwa rentang usia pemuda adalah 18-65 tahun, sementara orang berusia 66-79 tahun disebut setengah baya.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Narasi yang beredar

Informasi kategorisasi kelompok umur WHO diunggah oleh akun ini, ini, ini, ini, dan ini di Facebook.

Berikut isi unggahannya:

Alhamdulillah 50 bukan lansia. WHO Mengeluarkan Kriteria Baru Kelompok Usia

Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss melalui studi tentang kualitas kesehatan dan harapan hidup rata-rata manusia di seluruh dunia menetapkan kriteria baru yang membagi kehidupan manusia ke dalam 5 kelompok usia sebagai berikut :
0 – 17 tahun : Anak-anak di bawah umur
18 – 65 tahun : Pemuda
66 – 79 tahun : Setengah baya
80 – 99 tahun : Orang tua
100 tahun ke atas : Orang tua berusia panjang

Jadi, geserkan pikiran Anda jangan lagi menggolongkan seseorang yang berusia 70 tahun ke dalam c c orang tua, karena standar baru dunia tersebut. Ingat ! 65 tahun saja masih masuk golongan pemuda.(sand)


Penelusuran Kompas.com

Dalam pencarian kata kunci "Age Category WHO 2021", tak ada satu hasil pun yang menyebutkan adanya kategori kelompok usia terbaru dari WHO.

Satu-satunya informasi mengenai kategori usia dalam hasil pencarian, merujuk pada artikel di laman resmi WHO dengan judul "Adolescent health in the South-East Asia Region".

Dalam artikel itu disebutkan bahwa definisi remaja adalah individu dalam kelompok usia 10-19 tahun,

sementara pemuda mencakup rentang usia 15-24 tahun. Sementara itu, seorang perwakilan WHO mengatakan, informasi tersebut tidak berdasar.

"Ini adalah informasi yang salah. Kami terus menggunakan usia 60 tahun ke atas sebagai orang yang lebih tua," kata juru bicara itu, dikutip dari AFP.

Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB juga mendefinisikan "pemuda" sebagai orang yang berusia antara 15-24 tahun.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi mengenai kelompok usia terbaru WHO yang menyebut pemuda sebagai individu dengan usia 18-65 tahun tidak benar.

Sebab, WHO masih mendefinisikan individu berusia 60 tahun ke atas sebagai orang yang lebih tua, sementara pemuda memiliki rentang usia 15-24 tahun.

Perwakilan WHO juga telah membantah informasi yang beredar itu.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/09/113500065/-hoaks-kategori-usia-terbaru-dari-who-pemuda-berusia-18-65-tahun?page=all
[HOAKS] Kategori Usia Terbaru dari WHO, Pemuda Berusia 18-65 Tahun [HOAKS] Kategori Usia Terbaru dari WHO, Pemuda Berusia 18-65 Tahun Reviewed by Kelvin on September 09, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.