Apple Sebut iOS Lebih Aman Dibanding Android

Apple mengklaim iOS lebih aman jika dibandingkan dengan Android. Hal ini karena iOS tidak mengizinkan sideloading aplikasi seperti Android.

Adapun sideloading sendiri merupakan sebuah proses instal aplikasi yang bisa dilakukan di toko aplikasi utama. Ini berarti aplikasi tak resmi seperti dari web atau toko aplikasi pihak ketiga bisa diinstal di perangkat.

Berbeda dengan Android yang bisa menginstal aplikasi dari browser ataupun toko aplikasi dari pihak ketiga, Apple melarang sideloading seperti itu terjadi di perangkat mereka.

Laporan ini ditemukan dalam dokumen Apple berjudul Building a Trusted Ecosystem for Millions of Apps. Apple sengaja merilisnya untuk merespons atas Komisi Eropa yang memaksa sideloading bisa dilakukan di iPhone.

Dalam laporan, Apple mengatakan bahwa malware dan ancaman keamanan serta privasi semakin tinggi apabila platform mengizinkan sideloading.

Apple mengutip laporan Nokia yang diterbitkan tahun 2019 dan 2020, di mana perangkat Android memiliki rentan 15 hingga 47 kali dari software berbahaya ketimbang iPhone.

“Sebuah studi menemukan bahwa 98 persen malware seluler menargetkan perangkat Android. Ini terkait erat dengan sideloading,” ujar Apple, dikutip dari Macrumors, Senin (18/10/2021).

Apple juga menerangkan laporan yang terjadi pada 2018, di mana perangkat Android yang menginstal aplikasi di luar Google Play delapan kali lebih terpengaruh oleh aplikasi berbahaya.

Di sisi lain, Apple mengklaim malware di iOS ditemukan. Perusahaan menyebut bahwa serangan siber yang mengincar iOS adalah serangan yang ditargetkan lebih spesifik dan dilakukan oleh negara.

Hingga pada akhirnya, para ahli umumnya sepakat bahwa iOS lebih aman dari Android. Sebab, Apple tidak mendukung sideloading.

Pasalnya jika mengizinkan sideloading, pengguna akan menjadi sasaran aplikasi berbahaya dan memiliki sedikit kontrol atas aplikasi setelah diunduh ke perangkat.

Apple juga mengklaim bahwa pengguna tidak ingin melakukan sideloading dan lebih suka mengunduh aplikasi dari App Store.

Pemilik iPhone itu mengatakan sideloading bisa dimanfaatkan penjahat siber untuk mengecoh pengguna agar mau mengunduh aplikasi yang mirip seperti di App Store, atau aplikasi berbahaya yang menawarkan fitur eksklusif gratis.

Sumber : https://techbiz.id/2021/10/apple-sebut-ios-lebih-aman-dibanding-android/

Comments