Serangan Situs BSSN, Kondisi Lemahnya Keamanan Siber Indonesia

Ilustrasi - Peretasan keamanan siber /Pixabay/TheDigitalArtist /

Legislator mengaku sangat prihatin dengan adanya peretasan situs Pusat Malware Nasional milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Situs Pusat Malware Nasional milik Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mengalami peretasan berupa perubahan halaman muka atau defacement. Situs tersebut belum dapat diakses oleh publik hingga Senin, 25 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB

Terkait kasus serangan deface (halaman muka) ini, pemerintah harus segera meningkatkan kualitan SDM BSSN yang merupakan garda terdepan dalam mendeteksi dan mencegah potensi serangan siber.

"Saya sangat prihatin atas kejadian yang terjadi pada situs Pusat Malware Nasional (Pusmanas) milik BSSN, https://pusmanas.bssn.go.id/ ini menjadi catatan untuk kami" ujar legislator dapil Jawa Tengah V Abdul Kharis Almasyhari.

Kharis menilai kondisi keamanan siber Indonesia masih sangat lemah. Hal ini dibuktikan dari rentetan kasus kebocoran data penduduk yang terjadi berulang kali dalam beberapa waktu terakhir maupun peretasan ke website milik pemerintah.

Menurut laman National Cyber Security Index (NCSI) pada September kemarin Indonesia berada pada peringkat 77 dari 160 negara di dunia soal keamanan siber nasional. Indonesia tercatat memiliki skor 38,96 dan angka itu jauh di bawah sejumlah negara tetangga Asia Tenggara lainnya.

"Agar segera dan terus ditingkatkan kemampuan SDM BSSN dengan ditopang infrastuktur dan teknologi yang mumpuni bagi kemanan siber Indonesia secara terintegrasi sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024 BSSN menjadi pengampu major project Penguatan National Security Operation Center - Security Operation Center (NSOC-SOC)," tegas Kharis.

Peningkatan infrastruktur dan SDM mamadai perlu di dukung dengan anggaran yang maksimal. Ia akan terus berupaya agar BSSN yang di bebankan keamanan siber perlu daya dukung optimal.

“Sulit menuju keamanan siber yang tanggung kalau tidak ditopang anggaran yang maksimal, oleh karena itu saya sebagai salah satu pimpinan, mendukung penuh peningkatan anggaran BSSN, yang dimana teruang dalam RPJMN BSSN," jelas Kharis

Sumber : https://karawangpost.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1422875651/serangan-situs-bssn-kondisi-lemahnya-keamanan-siber-indonesia

Comments