Bahas Keamanan Siber Direktur CIA Bertemu Pejabat Tinggi Rusia, Ini Pembicaraan Mereka

Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) William Burns , berkunjung ke Rusia. (foto: twitter)
JAKARTA - Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) William Burns mengangkat masalah serangan siber Rusia selama kunjungan langka ke Moskow. Dalam kunjungan itu ia bertemu dengan pejabat keamanan tingkat tinggi, tiga sumber mengatakan hal itu kepada Reuters.

Perjalanan tersebut mengikuti pertemuan puncak di Jenewa pada bulan Juni di mana Presiden AS, Joe Biden, menekan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk bertindak melawan kelompok ransomware yang menyerang perusahaan dan infrastruktur di Amerika Serikat. Moskow sendiri sudah secara terbuka setuju untuk melacak penjahat dunia maya.

"Keamanan siber adalah salah satu topiknya," kata seorang sumber yang dekat dengan Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB), menambahkan bahwa Burns menunjukkan bukti keterlibatan peretas Rusia dalam serangan itu.

Seorang pejabat AS yang akrab dengan kegiatan intelijen dan sumber keamanan siber Rusia lainnya mengkonfirmasi bahwa peretasan adalah salah satu topik yang diangkat oleh Burns.

Perjalanannya adalah yang terbaru dari serangkaian kontak tingkat tinggi yang menunjukkan kedua belah pihak ingin terus berbicara meskipun saling tidak percaya dan daftar panjang perselisihan yang telah menjerumuskan hubungan ke posisi terendah pasca-Perang Dingin.

Direktur CIA, seorang pembicara Rusia dan mantan duta besar untuk Moskow, mengadakan pembicaraan pada hari Selasa 2 November dengan Nikolai Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Rusia dan mantan kepala FSB.

Pada Rabu, 3 November , Burns bertemu dengan kepala Dinas Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR) Sergei Naryshkin dan keduanya membahas kerja sama AS-Rusia dalam memerangi terorisme internasional, kantor berita Interfax melaporkan.

"Dialog pada tingkat ini dan tentang masalah sensitif seperti itu sangat penting untuk hubungan bilateral dan untuk bertukar pandangan tentang masalah yang kita miliki," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Perjalanan Burns bertepatan dengan perkembangan di kedua negara yang menyoroti ketegangan mereka atas keamanan siber, di mana tidak ada kemajuan yang dilaporkan sejak KTT Biden-Putin pada Juni.

Sumber : https://voi.id/teknologi/100787/bahas-keamanan-siber-direktur-cia-bertemu-pejabat-tinggi-rusia-ini-pembicaraan-mereka
Bahas Keamanan Siber Direktur CIA Bertemu Pejabat Tinggi Rusia, Ini Pembicaraan Mereka Bahas Keamanan Siber Direktur CIA Bertemu Pejabat Tinggi Rusia, Ini Pembicaraan Mereka Reviewed by Kelvin on November 05, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.