BSSN Bongkar Serangan Siber di Perbankan yang Dipakai Hacker

Foto: BSSN, Badan Siber dan Sandi Negara
Jakarta, - Serangan siber bisa menyerang dengan metode apapun. Namun tujuan para pelaku tetap sama yakni mencuri data dan mengambil akses.

Fungsional Sandiman Muda, Direktorat Keamanan Siber dan Sandi sektor Keuangan, Perdagangan dan Pariwisata BSSN, Mawidyanto Agustian menyebutkan serangan siber adanya yang menggunakan ransoware, phishing, fraud dan juga market abuse.

Ransomware adalah malware yang menargetkan hardware untuk mencuri informasi berharga pengguna dan menenkripsi data yang ditemukannya. Phising adalah penipuan untuk mencuri data pribadi korban menggunakan email.

"Tren metodenya yang berubah tapi trennya terus akan sama tahun depannya. Tujuannya mencuri data transaksi dan mengambil akses," ungkap Mawidyanto, dalam diskusi online Pentingnya Keamanan Siber Untuk Ekonomi Digital Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Sementara itu, menurut Mawidyanto serangan tertinggi salah satunya terjadi pada sektor keuangan. Dengan serangan yang cukup serupa yakni mulai dari ransomware atau mencuri langsung ke servernya.

Pandemi juga membuka celah serangan siber terjadi. Ini karena kegiatan perkantoran berpindah ke rumah dan pusatnya menjadi pegawai.

Hal tersebut membuat pegawai membuka akses sendiri dan bukan lagi terpusat di kantor. Aktivitas itulah yang membuka serangan saat pandemi.

"Polanya variatif dengan perubahan new normal akses terpusat di kantor setiap user pengguna pegawai mengakses menjadi celah tertentu membuka pintu serangan," jelasnya.

Risiko keamanan di sektor keuangan juga terjadi di ranah fintech lending atau pinjaman online (pinjol). Yakni soal penyebaran data pribadi pengguna yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Ini bisa terjadi pada platform palsu dan menjebak masyarakat pengguna. "Akibatnya data yang restoring di aplikasi tersebut bergerak di dalam aplikasi oleh pihak tidak bertanggung jawab," ungkap Mawidyanto

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211028135629-37-287247/bssn-bongkar-serangan-siber-di-perbankan-yang-dipakai-hacker
BSSN Bongkar Serangan Siber di Perbankan yang Dipakai Hacker BSSN Bongkar Serangan Siber di Perbankan yang Dipakai Hacker Reviewed by Kelvin on November 01, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.