Kejahatan Siber dengan Modus Rekayasa Sosial Meningkat Selama Pandemi

Kejahatan Siber dangan Modus Rekayasa Sosial Meningkat Selama Pandemi (Foto: Unsplash)
JAKARTA, - Keamanan data menjadi sesuatu yang penting di era digital seperti sekarang. Tidak hanya di media sosial, bagi pemilik akun perbankan juga perlu memerhatikan keamanan data.

Teguh Aprianto, Cyber Security Research dan Consultant memaparkan terjadinya kenaikan kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial (social engineering) selama pandemi. Mengingat, situasi sekarang tidak langsung mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan perbankan.

"Sayangnya, hal ini diikuti dengan meningkatnya kejahatan siber yang mengintai para pengguna platform digital, salah satunya yang marak terjadi adalah dengan modus social engineering," kata Teguh.

Oleh karena itu, kata Teguh, sebagai pengguna layanan, terutama dalam ranah digital, nasabah juga harus lebih berhati-hati saat menerima telepon, pesan singkat, ataupun pesan melalui media sosial yang mengaku dari pihak bank tertentu yang meminta data-data atau informasi bersifat pribadi dan rahasi, atau mengklik suatu link tertentu.

"Penyedia layanan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan data dan dana nasabah, namun nasabah juga perlu waspada untuk turut melindungi data milik mereka agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ujarnya dalam peluncuran program Jenius Aman.

Menariknya, jika data bocor, Anda bisa memeriksa untuk mengetahui apakah menjadi korban kebocoran data atau tidak. Menurut Teguh, Anda bisa memeriksanya di Periksadata.com.

"Cukup masuk ke periksadata.com dan masukkan e-mail, dan Anda akan mengetahui data yang bocor di mana saja," ujarnya.

Di bawah website periksadata.com, ada panduan hal yang perlu dilakukan saat menjadi korban. Korban hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang tertera di sana.

Sumber : https://www.inews.id/techno/internet/kejahatan-siber-dengan-modus-rekayasa-sosial-meningkat-selama-pandemi/all

Comments

  1. Wynn Hotel Las Vegas - Mapyro
    Wynn 여수 출장샵 Las Vegas 과천 출장마사지 and Encore Las Vegas are in the mix for luxury and leisure travelers alike. 강원도 출장마사지 Wynn Las 나주 출장샵 Vegas has been in the works since 2010 and 서귀포 출장마사지 is the

    ReplyDelete

Post a Comment