Kejahatan Siber pada Anak: Pencegahan dengan Website Be Internet Awesome

 

Sumber gambar: Dokumen Pribadi Penulis


Pencegahan Kejahatan pada Anak
Berkembang pesatnya teknologi hari ini dapat dibuktikan dengan begitu banyak kegiatan kita sehari-hari yang bergantung pada penggunaan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan, semua orang dari seluruh dunia dengan berbagai tingkat usia kini telah menggunakan teknologi dalam kesehariannya, salah satunya adalah gadget.

Gadget merupakan perangkat elektronik yang memiliki model penggunaan praktis dan fungsi khusus. Gadget kini digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat tanpa mengenal usia, apalagi dengan datangnya pandemi kehidupan banyak orang menjadi bergantung pada gadget ini untuk bersosialisasi dan berkomunikasi. Namun begitu, di samping literasi terhadap penggunaan alat teknologi gadget ini tidak berarti semua orang mengetahui mengenai tindak kejahatan yang bisa terjadi melalui gadget, yaitu Kejahatan siber.
Kejahatan siber merupakan semua aktivitas illegal yang dilakukan pelaku kejahatan dengan menggunakan teknologi sistem informasi jaringan komputer untuk melakukan tindak kejahatan. Kejahatan siber banyak tersebar di dunia online dan dapat menyerang siapa saja yang tidak mengetahui cara menjauhi atau mengatasinya sehingga menyebabkan kerugian seperti kehilangan data atau tercurinya data, masuknya virus, tersebarnya informasi yang pribadi, bahkan pencurian uang dari rekening bank.

Oleh karena itu banyak sekali informasi yang bisa diperoleh mengenai cara menjauhi dan menjaga keamanan gadget kita dari kejahatan siber ini. Permasalahannya adalah, bagaimana dengan anak-anak? Saat ini dengan kegiatan sekolah yang masih online maka anak-anak dituntut untuk menggunakan gadget dan melaksanakan pembelajaran melalui media internet, sementara orang tua belum tentu bisa terus memantau anak dalam menggunakan gadget. Ada risiko yang tinggi terkena kejahatan siber dengan anak yang belum mengetahui apa pun tentang kejahatan siber, sehingga diperlukan tindakan pencegahan agar anak mengetahui dan paham cara menjauhi, menindak lanjuti, dan mengatasi ancaman kejahatan siber ini.
Pengajaran tentang kejahatan siber pada anak tentu bisa dilakukan oleh orang tua secara mandiri, seperti mengenalkan apa yang boleh dan tidak boleh, mana yang harus dicurigai, dan mana yang harus dilaporkan. Namun dengan metode ini belum tentu orang tua dapat menjelaskan dan mencakup semua jenis kejahatan siber yang terjadi, dan anak juga belum tentu memahami semua yang perlu mereka pahami.

Orang tua juga bisa menerapkan parent control dalam gadget anak untuk mencegah anak memasuki atau terkena website yang negatif, tapi dengan metode ini anak justru menjadi tidak tahu sama sekali tentang kejahatan yang bisa terjadi di media sosial atau media digital, sementara ada masanya nanti anak-anak akan mulai mandiri dalam menggunakan gadget mereka dan bisa mengakses berbagai macam informasi yang belum tentu baik dan benar.
Salah satu cara yang terbaik untuk mengenalkan anak tentang sesuatu adalah dengan game, menyatukan informasi yang penting bagi anak dengan hal yang mereka sukai akan membuat anak belajar tanpa terbebani, bahkan menjadi suka terhadap subjek tersebut. Nah, sebagai upaya mengatasi masalah ini pihak dari google telah bekerja sama dengan berbagai ahli dalam bidang keamanan online untuk membuat sebuah game yang mempersiapkan anak untuk bisa membuat pilihan yang pintar ketika dihadapkan dengan bentuk kejahatan siber.

Game yang mengajarkan tentang keamanan berinternet ini bisa diakses oleh siapa saja dari mana saja melalui website Be Internet Awesome. Dalam website ini nantinya anak-anak dapat belajar tentang semua kejahatan siber yang bisa terjadi dan belajar cara menjauhinya, menghadapinya, dan memilih pilihan yang pintar melalui 4 jenis game yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam setiap jenisnya anak dapat bermain dan belajar sekaligus, bila anak berhasil menyelesaikan 1 game google juga memberikan sertifikat yang dapat di-download dan menjadi penanda bahwa sang anak telah berhasil menyelesaikan 1 game dan memahami tentang pilihan yang harus diambil bila menghadapi salah satu jenis kejahatan siber seperti perundungan, phising, hoaks, dan banyak lainnya.
Dengan informasi dari artikel ini penulis berharap anak-anak akan semakin siap menghadapi dunia online dan dapat mengambil keputusan yang baik ketika berhadapan dengan kejahatan siber yang dapat terjadi di mana saja dalam dunia online sehingga tidak ada lagi anak-anak yang terkena pengaruh buruk apalagi terkena kejahatan siber. Sekian terima kasih.

Sumber : https://kumparan.com/zalfa-hizrah-firdausi/kejahatan-siber-pada-anak-pencegahan-dengan-website-be-internet-awesome-1xUBTetu8bV?utm_source=kumMobile&utm_medium=copy-to-clipboard&utm_campaign=share&shareID=pC7AVZU5xDwV

Comments