Akankah Ekonomi Digital Dapat Menjadi Pembangkit Ekonomi Indonesia

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

 Dunia digital memanglah berkembang pesat di indonesia semenjak pandemi covid-19, Jika kita melihat data dari We Are Social, pengguna aktif media sosial di dalam negeri tercatat sebanyak 72 juta akun pada 2015. Angkanya kemudian naik 136,11% menjadi 170 juta akun pada 2021. Tak hanya aktif dalam penggunaan sosial media saja, masyarakat indonesia kini juga aktif melakukan tranksaksi jual beli melalui e-commerce dan tranksaksi keuangan yang berbasis elektronik, hal ini dapat dibuktikan dengan data dari We Are Social yang menunjukan bahwa 88,1 persen pengguna internet di Indonesia sudah memakai layanan e-commerce untuk membeli produk, persentase tersebut menempati peringkat pertama di dunia berdasarkan survei We Are Social per April 2021, Dan Nilai transaksi uang elektronik juga mengalami pertumbuhan 94,65% (yoy) dari Rp16,08 triliun menjadi Rp31,3 triliun pada November 2021.


Berdasarkan data diatas maka potensi kegiatan ekonomi digital di indonesia masih sangat  besar, namun berkembangnya ekonomi digital juga harus disertai dengan upaya pemerintah untuk mengatasi tantangan atau permasalahan ekonomi digital yang diantaranya adalah cyber security, pengembangan sumberdaya manusia, dan akses internet yang merata serta mumpuni. Tantangan tersebut bukanlah tantangan yang sepele terutama pada bagian cyber security karena indonesia pada tahun 2021 mendapatkan 994.581.569 serangan cyber, angka tersebut didapatkan dari data yang di keluarkan oleh badan siber dan sandi negara (BSSN) jika hal ini tidak diperhatikan oleh pemerintah indonesia, maka akan menjadi celah bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal secara digital di indonesia.

Permasalahan sumber daya manusia juga merupakan hal yang penting dan tidak boleh dilupakan pemerintah karena tantangan ini memang tidak bisa diselesaikan pada saat singkat. merupakan pemerintah wajib bekerja sama dengan berbagai lembaga dalam mengedukasi masyarakat dan mempersiapkan sistem pendidikan yang selaras dengan perkembangan zaman bila ingin mempunyai daya saing yang baik dalam menghadapi ekonomi digital saat ini.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai infrastruktur dalam hal ini adalah akses ketersediaan internet, sebagai poin utama dalam ekonomi digital ketersediaan akses internet harus tersedia secara mumpuni di semua daerah di indonesia. sebab akses internet inilah yang mempengaruhi investasi digital ekonomi di Indonesia. Karena saat ini akses internet masih terpusat di pulau-pulau besar di indonesia saja seperti Jawa, Sumatera Sedangkan wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dinilai masih minim ketersediaan akses internet.



Sumber : https://www.kompasiana.com/lulukafifah/624273ae0bfeac2063371bc2/akankah-ekonomi-digital-dapat-menjadi-pembangkit-ekonomi-indonesia

Comments