Hati-hati, Akun YouTube yang Memiliki Banyak Pelanggan Rawan Peretasan

Ilustrasi monetisasi YouTube (Unsplash)




Belum lama ini, jumlah peretasan dan manipulasi data pengguna YouTube terungkap. Banyak akun pengguna dan content creator di YouTube yang mengalami kerugian akibat peretasan itu.


Menurut laporan GizChina, Jumat (5/6), serangan peretas mengarah pada data pengguna, termasuk data keuangan hasil monetasi video mereka. Selain itu, peretas juga mencoba beberapa skema kampenye ilegal dan penipuan dengan metode iklan dan sejenisnya.

Parahnya, ada sejumlah peretas yang 'main kasar'. Peretas meretas saluran YouTube dan kemudian meminta uang dari pemiliknya. Pemiliki akun yang memiliki jumlah subscriber yang banyak serta memiliki konten yang menghasilkan uang, peretas tidak segan-segan memeras.

Modus lain, pelanggan dari para pembuat video di YouTube umumnya membayar untuk menonton video yang mereka sukai. Nah, data-data akun YouTube dan pelanggan inilah yang kemudian diperjualbelikan peratas.

Harga akun dan data pelanggan itu variatif, tergantung pada jumlah pelanggan yang diingkan. Sebuah akun yang memiliki jumlah pelanggan hingga 200.000 umumnya dijual dengan harga sekitar US $1.000 (Rp14 jutaan).

Peretas, umumnya, menggunakan cara klasik. Peretas akan menipu pemilik akun agar
mengunduh dan memasang malware.

Sumber :https://akurat.co/hati-hati-akun-youtube-yang-memiliki-banyak-pelanggan-rawan-peretasan

Comments