[HOAKS] Link Hadiah Undian BRI 2022

Ilustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (SHUTTERSTOCK/Nandot)

 Saat ini beredar tautan mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di jagat maya, terutama di media sosial.


Tautan tersebut menawarkan hadiah dengan mengeklik tombol pada laman untuk mendapatkan kode undian.

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, tautan itu bukan berasal dari BRI alias hoaks.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai tautan mengatasnamakan BRI, disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Tertera tangkapan layar laman dari situs bankbri2022[dot]blodspot[dot]com. Pada situs tersebut terdapat logo BRI, serta mengatasnamakan event Panan Hadian Simpedes BritAma 2022.

Berikut narasi yang tertera pada laman tersebut:

Panen Hadiah Simpedes BritAma 2022

Terimakasih kepada seluruh Nasabah Bank Rakyat Indonesia yang telah mempercayakan kebutuhan perbankannya dengan kami. Buat Sobat BRI yang punya Tabungan BRI Simpedes BritAma dan terus ningkatin saldo nya, yuk kita ikutin pengundian Panen Hadiah Simpedes BritAma 2022, Caranya mudah, Nasabah Tabungan BRI Simpedes BritAma yang memiliki Saldo Minimal Rp. 100rb setiap bulannya akan mendapat kesempatan ikut undian tersebut, Semakin banyak saldonya semakin besar kesempatannya, Di tengah banyaknya pilihan untuk memenuhi kebutuhan perbankan,Corporate Secretary Bank BRI, menjelaskan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ditunjuk untuk menyalurkan Dana program undian PESTA PANEN BRI

Terkait beredarnya tautan tersebut, Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto mengatakan bahwa itu bukan berasal dari BRI dan dipastikan hoaks. "Hal ini dipastikan tidak benar," ucap Aestika kepada Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Pihaknya menghimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada pihak yang mengatasnamakan BRI. "Termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan, seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user dan password internet banking, OTP, dan sebagainya melalui tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Aestika.

Menurut dia, tautan semacam itu bisa menjadi salah satu bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Tautan yang beredar di media sosial tersebut bukanlah website resmi BRI.

Sebagai informasi, BRI hanya menggunakan saluran resmi website sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman www.bri.co.id. Adapun akun media sosialnya, dapat dipantai melalui Instagram @bankbri_id, Twitter @bankbri_id, Facebook dan YouTube dengan nama Bank BRI. Semua akun media sosial itu sudah mendapat centang biru atau terverifikasi.

Tautan hadiah undian BRI mengatasnamakan event Panan Hadian Simpedes BritAma 2022 adalah hoaks.

Tautan itu bukanlah website resmi BRI. Pihak BRI mengimbau agar masyarakat mewaspadai website tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/07/161600082/-hoaks-link-hadiah-undian-bri-2022?page=all

Comments