Soal PeduliLindungi, Telkom Jamin Data Aman, Tak Ada Asing!

 

infografisindustri/wajib pakai aplikasi/pedulilindungi

Manajemen emiten telekomunikasi BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memastikan keaslian dan keamanan platform PeduliLindungi sebagai aplikasi yang 100% dibuat oleh anak bangsa.
Keamanan data yang ada di aplikasi ini terjamin karena berada pada Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berlokasi di Indonesia.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Indonesia Ahmad Reza mengatakan pengamanan data pada PeduliLindungi dipastikan sudah berjalan secara optimal dan komprehensif oleh seluruh pemangku kebijakan seperti Kementerian BUMN, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, serta Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN).


"Dalam proses pengembangan PeduliLindungi, Telkom senantiasa mengambil best practice dari negara-negara lain yang sudah lebih dulu memiliki aplikasi tracing digital," kata Ahmad dalam siaran persnya, Selasa (14/9/2021).

"Nilai-nilai positif itu kami ambil dan kembangkan sepenuhnya secara mandiri, tanpa campur tangan pihak asing, hingga lahirlah PeduliLindungi. Pengembangan PeduliLindungi akan terus dilakukan, demi menciptakan kenyamanan yang optimal bagi masyarakat," katanya.

Dia menegaskan Telkom selalu mengedepankan faktor keamanan data dan terus berupaya agar PeduliLindungi bisa memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di tengah pandemi.

"Persoalan keamanan data yang diproses PeduliLindungi sudah tuntas jelas, di mana seluruh data dipastikan terjaga dan diproses secara mandiri oleh Indonesia. Kami harap seluruh masyarakat, tokoh, dan pegiat media sosial bisa lebih bijak dan berhati-hati apabila menyampaikan argumen atau pendapat mengenai keamanan data pada PeduliLindungi," tambahnya.

"Semua pendapat yang disampaikan harus didasarkan pada bukti dan fakta yang jelas, agar tidak justru menyesatkan masyarakat dan menghambat upaya Indonesia menyudahi pandemi Covid-19."

Aplikasi ini digunakan sebagai alat bantu pemerintah dalam melakukan tracing yang saat ini telah menjadi salah satu protokol kesehatan di area-area publik untuk mengatasi pandemi Covid-19 sekaligus mendukung upaya pemerintah agar perekonomian dapat terus berjalan.

Ini juga merupakan langkah bagi masyarakat untuk membantu pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, salah satunya dengan mulai menggunakan PeduliLindungi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, masyarakat diharap dapat mengurangi produksi dan sebaran hoaks serta misinformasi terkait PeduliLindungi agar kondisi tetap kondusif.

Sebelumnya juga beredar soal situs palsu PeduliLindungi. Sebab itu, Satgas COVID-19 mengimbau kepada masyarakat agar hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi dari website atau aplikasi resminya yang dapat diunduh dari App Store maupun Playstore.

Satgas COVID-19 mengungkapkan perbedaan situs asli dan palsu PeduliLindungi ada pada alamatnya di mana situs asli memiliki alamat pedulilindungi.id, sedangkan yang palsu adalah pedulilindungia.com.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210914142447-17-276153/soal-pedulilindungi-telkom-jamin-data-aman-tak-ada-asing

Comments