Tersebar Hoaks di Kota Jayapura, Mulai dari Pembunuhan hingga Penyerangan Warga


 Sepanjang hari ini, Senin 7 Maret 2022, isu hoaks beredar di tengah masyarakat Kota Jayapura, mulai dari pembunuhan, pemalakan hingga isu penyerangan kelompok tertentu kepada warga.


Isu kekerasan disertai pemerkosaan terjadi di Angkasa, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Kapolsek Jayapura Utara, AKP Jahja Rumra memastikan informasi tersebut dipastikan hoaks.

“Laporan yang beredar di whatsapp group sudah tidak sinkron.

Kejadian hari Minggu 6 Maret 2022, pukul 08.00 WIT, sudah tidak masuk akal. Mana ada cafe yang buka di waktu yang tertera di laporan yang beredar itu?” kata jahja.

Ia memastikan tidak ada kejadian tersebut di wilayah hukum Polsek Jayapura Utara. “Kami sudah pastikan tidak ada kejadian itu. Mulai dari pagi, siang dan malam dilakukan patroli, bahkan pospol Angkasa yang tercantum tidak menerima adanya laporan tersebut,” terangnya.

Sementara terkait dengan foto yang beredar, Kapolsek memastikan foto yang beredar adalah korban pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Kabupaten Jayawijaya.

Mantan Kasubag Humas Polresta Jayapura Kota ini pun mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang beredar akhir-akhir ini.

“Kepolisian tetap siap memberikan pelayanan yang prima untuk kenyamanan masyarakat Kota Jayapura, khususnya di wilayah hukum Polsek Jayapura Utara,” jelasnya.

Lain lagi yang terjadi di Abe Gunung, Distrik Abepura. Kepolisian setempat terpaksa melakukan patrol jalan kaki ke wilayah Abe Gunung karena maraknya isu aka nada penyerangan kelompok kepada warga setempat pada 8 Maret 2022.

Patroli jalan kaki dipimpin Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak dengan melibatkan 25 personel.

Kapolsek Abepura, AKP Lintong Simanjuntak menjelaskan sepanjang patrol tak ditemukan hal yang menonjol. “Situasi aman terkendali dan aktivitas masyarakat berkebun seperti biasa,” ucapnya.

Bahkan patroli jalan kaki polisi bertemu sejumlah masyarakat yang sedang berkebun.

“Kami telah memberikan informasi kamtibmas, agar jangan mudah terprovokasi dengan isu yang beredar. Jika ditemukan informasi sekecil apapun, laporkan ke kepolisian terdekat,” jelasnya.

Sumber : https://kabarpapua.co/tersebar-hoaks-di-kota-jayapura-mulai-dari-pembunuhan-hingga-penyerangan-warga/

Comments