Cegah Spam dan Hoaks, WhatsApp Batasi Jumlah Forward Pesan di iOS

 

Ilustrasi: Platform perpesanan instan WhatsApp (TechCrunch)




Platform instant messaging WhatsApp selama beberapa tahun terakhir getol mencari cara untuk bisa menekan peredaran hoaks di platform-nya. Salah satu yang dilakukan adalah membatasi forward atau penerusan pesan yang kerap kali disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Tiga tahun lalu, WhatsApp menerapkan batas forward pesan (forwarding limit) untuk pengguna di Indonesia dan Brasil. Dan kini, WhatsApp dilaporkan mulai menggulirkan pembatasan berapa kali pesan bisa diteruskan ke pengguna seluruh dunia.

Selain itu, menurut WABetaInfo, pembatasan jumlah forward pesan ini juga telah tersedia pada versi beta 22.7.0.76 di WhatsApp for iOS untuk pengguna perangkat mobile milik Apple.

Seperti halnya saat digulirkan di Indonesia, dibawanya fitur ini ke seluruh dunia juga bertujuan untuk membatasi kemampuan forward pesan untuk mencegah penyebaran spam, misinformasi, dan hoaks.

Dengan pembatasan ini, pengguna WhatsApp hanya akan bisa meneruskan satu pesan sana dalam satu waktu. Di Brasil, WhatsApp membedakan pesan yang diteruskan sekali dari pesan yang sudah di-forward beberapa kali sebagai penanda.

Konten pesan yang diketikkan oleh seorang pengguna hanya bisa dibagikan maksimal hingga lima kali. Sementara, pesan hasil forward hanya bisa di-forward lagi sebanyak satu kali.

Di Indonesia, fitur pembatasan pesan ini dirilis sebagai upaya WhatsApp menekan hoaks di momentum Pemilu Presiden (Pilpres) pada 2019 lalu. Panasnya kontestasi politik saat itu membuat WhatsApp bisa dibilang sebagai sarang hoaks sehingga mereka merasa perlu melakukan sesuatu termasuk caranya adalah merilis fitur pembatasan pesan.

Sebagaimana diketahui, cara kerja penyebaran hoaks sendiri lewat WhatsApp biasanya dibuat dan disebar terlebih dahulu ke banyak daftar kontak. Dengan isi atau konten yang biasanya provokatif dan menohok, pesan hoaks ini diteruskan lagi dan lagi ke kontak lainnya sehingga membuat sebaran berita bohong semakin luas.

Sumber : https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/aplikasi/07/04/2022/cegah-spam-dan-hoaks-whatsapp-batasi-jumlah-forward-pesan-di-ios/

Comments