Viral Massa Demo 11 April di Medan Berlarian, Polda Sumut: Hoaks

 Tangkapan layar video massa demo 11 April di Medan berlarian hoaks. [Ist]




Video yang menunjukkan massa aksi demo di Medan berlarian viral di media sosial. Video tersebut diunggah di salah satu akun TikTok.

Dilihat SuaraSumut.id, Selasa (12/4/2022), terlihat massa yang sebagian besar memakai seragam sekolah berlarian. Sejumlah orang terlihat membawa bendera merah putih.

Dalam video yang diunggah disebut massa yang berlarian adalah massa aksi demo 11 April.

"Demo 11 April 2022 Medan-Sumatera Utara Tetap Semangat URRRRAAAAAAA!," tulis dalam unggahan.

Polda Sumut memastikan bahwa video yang diunggah tersebut adalah hoaks.


"Hoaks," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi.

Melalui Instagram Stroy @poldasumaterautara, video itu juga dilabeli hoaks.

"Kami imbau kepada mitra humas Polda Sumut untuk tidak menyebarkan berita hoaks yang memancing provokasi. Situasi di Kota Medan saat ini aman dan kondusif," tulisnya.


Diketahui, aksi demo 11 April di Medan batal digelar. Hal itu berbanding terbalik dengan daerah lainnya yang menggelar demo hingga berujung anarkis.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga kondusif.


"Sejauh ini situasi kamtibmas terpantau dalam kondisi sangat kondusif, dan tidak ada aksi unras yang berlebihan," katanya, Senin (11/4/2022).

Meski situasi kamtibmas kondusif, Panca tetap menyiagakan personel untuk melaksanakan tugas pengawalan dan pengamanan

"Kita tetap menyiagakan personel ini untuk mengantisipasi terjadinya unjuk rasa. Apalagi saat ini tengah menjalankan ibadah puasa. Kita juga mengharapkan dengan situasi terjaga aman ekonomi masyarakat segera tumbuh," tukasnya.

Sumber : https://sumut.suara.com/read/2022/04/12/134954/viral-massa-demo-11-april-di-medan-berlarian-polda-sumut-hoaks?page=all

Comments