Anime, Minecraft, dan Meme Jadi Referensi Online Anak Terpopuler

 

Ilustrasi

Baru-baru ini Kaspersky meninjau data yang dianonimkan, seperti kueri penelusuran, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang tersedia secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids.

Salah satu gunanya adalah untuk menjelajahi minat anak-anak paling populer antara periode Januari-Maret 2022. Data ini dapat membantu orang tua untuk lebih memahami kesukaan anak-anak mereka.

Khususnya untuk Indonesia, Youtube menempati posisi pertama sebagai aplikasi terpopuler di kalangan anak-anak Tanah Air pada kuartal pertama tahun ini dengan persentase 28,23 persen, disusul WhatsApp (23,68 persen) dan TikTok (15,97 persen).

Selain itu, terungkap pula minat anak-anak Indonesia terhadap game, Roblox (8,27 persen) dan Mobile Legends: Bang Bang (4,23 persen) menjadi yang paling populer.

Menurut statistik, lima aplikasi paling populer di kalangan anak-anak secara umum termasuk YouTube (31,6 persen), pemimpin dalam hal waktu yang dihabiskan untuk digunakan oleh anak-anak selama beberapa tahun terakhir.

Kemudian muncul TikTok dan algoritme rekomendasinya sebesar 19 persen. Selanjutnya ini diikuti oleh WhatsApp (18 persen), game populer Roblox (7,5 persen), dan browser Chrome sebagai penutup lima besar (7,3 persen).

Pesaing terdekat Roblox, Brawl Stars, kehilangan sedikit popularitas dan hanya mengambil persentase sebesar 4,8 persen. Menariknya, YouTube Kids, aplikasi khusus untuk anak-anak justru tidak begitu populer, dengan pangsanya yang hanya sebesar 2,1 persen.

Di antara kartun Jepang, anak-anak memiliki ketertarikan paling besar terhadap “Naruto” dan “My Hero Academia”. Seri pertama menceritakan kehidupan seorang ninja remaja yang aktif Naruto Uzumaki, yang bermimpi untuk mencapai pengakuan universal dan menjadi 'The Hokage' – yaitu ninja terkuat.

Kartun itu ternyata sangat populer di kalangan remaja, dan akhirnya, sebanyak 220 episode difilmkan. Sekuelnya, Naruto: Shippuuden, menceritakan kisah protagonis dewasa. Itu berakhir setelah episode ke-500.

Serial animasi kedua, My Hero Academia, mengenai Izuku Midoriya, seorang anak laki-laki yang lahir tanpa kekuatan super dimana kekuatan super telah menjadi hal biasa di dunia, tetapi masih bercita-cita menjadi pahlawan.

Untuk pencarian di bidang pendidikan, ada Geometry Dash, yaitu permainan komputer 2D yang populer. Gameplaynya terdiri dari melewati level dengan banyak rintangan untuk musik berirama. Selain level bawaan, pemain dapat membuatnya sendiri dan mengunggahnya untuk diselesaikan oleh pemain lain.

Kemudian ada Kurzgesagt – In a Nutshell. Ini merupakan saluran YouTube yang menjelaskan sains dan dunia tempat kita hidup dengan grafik yang menyenangkan dan menarik.

‘Meme animasi' adalah permintaan meme paling populer di kalangan anak-anak. Mereka biasanya merupakan animasi pendek dari karakter yang menari atau bernyanyi bersama musik dengan maksud untuk disebarkan atau diulang oleh animator lain dengan karakter mereka sendiri. Contoh meme yang paling banyak dicari adalah kucing Beluga.

“Sebagai salah satu warga digital paling aktif di dunia, tidak heran jika kalangan anak-anak Indonesia antusias menjelajahi dunia digital itu sendiri."

"Meski belum sepenuhnya kembali secara fisik ke sekolah sejak pandemi, saya memahami bahwa mayoritas dari anak-anak ini mengandalkan Internet tidak hanya untuk belajar tetapi juga untuk bermain dan hiburan, kemungkinan besar karena pembelajaran jarak jauh yang membuat mereka sedikit merasakan kesedihan."

"Kami mendorong orang tua tetap aktif mendapatkan informasi dan berkomitmen untuk duduk bersama anak-anak mereka secara ekstensif karena ini adalah cara yang efektif untuk membuat anak-anak mereka bertanggung jawab dan menjadi warga digital yang aman." kata Sandra Lee, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

(MMI)

Sumber : https://m.medcom.id/teknologi/news-teknologi/PNg7RvAN-anime-minecraft-dan-meme-jadi-referensi-online-anak-terpopuler

Comments