Schneider Electric dan Claroty amankan gedung pintar

 

Schneider Electric dan Claroty meluncurkan Cybersecurity Solutions for Buildings, sebuah solusi yang membantu semua pelanggan gedung mengamankan sistem manajemen gedung (BMS) guna melindungi orang, aset, dan operasi mereka.

Menggandeng Claroty, perusahaan keamanan untuk sistem siber-fisik di lingkungan industri, perawatan kesehatan, dan komersial,  solusi ini menggabungkan sistem dari pemenang penghargaan teknologi dan layanan industri Schneider Electric dalam mengidentifikasi semua aset di seluruh fasilitas, memberikan manajemen risiko dan memberikan kemampuan mengelola kerentanan yang tak tertandingi, serta memberikan pemantauan ancaman terus menerus untuk melindungi investasi perusahaan.

50% dari bangunan saat ini kemungkinan masih akan digunakan pada tahun 2050. Hal ini mendorong gedung komersial untuk mendigitalkan aset mereka, termasuk memodernisasi sistem manajemen gedung mereka. Faktanya, teknologi IoT untuk gedung diperkirakan akan tumbuh dari 1,7 miliar perangkat terhubung yang ada pada akhir tahun 2020 menjadi lebih dari 3 miliar pada tahun 2025. Saat gedung komersial ini berevolusi menjadi gedung pintar masa depan, mereka memiliki setidaknya satu sifat umum: peningkatan paparan risiko.

Sektor ini harus mengatasi tantangan keamanan yang dihadirkan oleh bangunan pintar. Penelitian telah menunjukkan bahwa 57% perangkat IoT rentan terhadap serangan dengan tingkat keparahan sedang atau tinggi.* Serangan siber telah merugikan beberapa bisnis, termasuk infrastruktur penting seperti rumah sakit, pusat data, dan hotel. Sektor gedung komersial harus menemukan cara untuk melindungi baik aksesnya ke sistem TI perusahaan maupun infrastruktur penting misinya.

“Integrasi IoT di gedung memicu perubahan menarik di seluruh sektor, tetapi seperti halnya inovasi apa pun, ini juga menghadirkan risiko baru,” kata Annick Villeneuve, Vice President Digital Enterprise Solutions, Schneider Electric. “Untuk pelaku ancaman yang ingin mengganggu operasi, mendapatkan keuntungan finansial dan/atau mencapai tujuan untuk membahayakan individu, gedung dapat menjadi target yang sempurna. Dengan pemikiran inilah kami bermitra dengan Claroty untuk menghadirkan solusi komprehensif terdepan di industri kepada pelanggan kami yang memenuhi risiko keamanan dan operasional unik yang dihadapi gedung saat ini dan di masa depan.”

Karena semakin banyak perangkat IoT dikerahkan di dalam ruang gedung dan peningkatan konektivitas antara teknologi operasional yang sebelumnya terisolasi, sistem manajemen gedung (BMS) dan rekan-rekan TI mereka, telah menjadikannya target yang menarik dan rentan terhadap serangan siber. Selain itu, manajer fasilitas mengawasi ratusan vendor, kontraktor layanan, dan teknisi secara terfragmentasi, meningkatkan kompleksitas dan risiko.

“Dalam hal mengamankan sistem siber-fisik, termasuk BMS, prioritas nomor satu adalah menjaga proses fisik tetap beroperasi dan aman,” kata Keith Carter, Wakil Presiden Saluran dan Aliansi Seluruh Dunia, Claroty. “Dengan menggabungkan keahlian domain mendalam Claroty dan teknologi yang dibuat khusus dengan layanan dan komitmen Schneider Electric yang terkenal untuk mendorong transformasi digital secara global, kami memberdayakan pelanggan kami untuk menuai manfaat dari teknologi gedung pintar tanpa meningkatkan eksposur mereka terhadap risiko dunia maya, sehingga mengambil manfaat yang mendalam langkah menuju penciptaan masa depan yang lebih efisien dan berkelanjutan bagi dunia.”

Penawaran Cybersecurity Solutions for Buildings yang dirancang oleh Schneider Electric dan Claroty mencakup langkah-langkah berikut: penemuan aset, penilaian risiko, kontrol akses jarak jauh, deteksi dan respons ancaman. Hal ini akan memberi pemilik gedung, operator fasilitas, dan tim keamanan solusi sederhana tanpa menambah beban kerja lebih lanjut yang mengidentifikasi risiko dasar, terus mengurangi risiko siber dan aset, serta mengidentifikasi dan memulihkan ancaman di lingkungan mereka sebelum layanan terganggu.

Kemampuan utama:

● Melengkapi manajer fasilitas dengan solusi agnostik vendor sederhana yang dengannya mereka dapat dengan mudah memenuhi akses jarak jauh yang aman, inventaris aset, efisiensi, dan persyaratan terkait lainnya dari pemilik gedung dan manajer aset.
● Menyediakan penemuan aset otomatis dan solusi pemetaan jaringan yang mengidentifikasi dan membuat katalog semua aset sistem (BMS, IoT, UPS, Sistem Tenaga, dll.).
● Memberikan solusi deteksi ancaman berkelanjutan yang terus-menerus memantau jaringan gedung untuk mengidentifikasi, menilai, dan memperingatkan indikator paling awal dari anomali tingkat jaringan dan aset.
● Memungkinkan vendor aset dan sistem gedung pintar untuk membuat terowongan eksternal yang aman untuk terhubung ke dan memelihara sumber daya dan aset tertentu dalam jaringan gedung dengan mudah dan tanpa menimbulkan risiko tambahan.
● Menyediakan dasbor dan kemampuan pelaporan untuk memungkinkan tim manajemen dan keamanan memahami situasi saat ini, menerima rekomendasi yang disesuaikan, dan mendorong tindakan yang tepat untuk mengurangi paparan gedung terhadap risiko keselamatan, operasional, keuangan, dan reputasi.
● Menghadirkan satu-satunya solusi akses jarak jauh (SRA) aman di industri yang dibuat khusus untuk gedung dan lingkungan OT untuk meningkatkan keamanan gedung saat vendor, kontraktor, dan teknisi melakukan aktivitas pemeliharaan jarak jauh.
Selain itu, visibilitas dan kecerdasan berharga yang diperoleh di OT gedung dan Asset Environment melalui penerapan Cybersecurity Solutions for Buildings oleh Schneider Electric juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi pemilik dan operator gedung untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional gedung mereka dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Di Schneider Electric, misi inti mereka dalam mengembangkan Cybersecurity Solutions for Buildings bagi pelanggan tetap sama: melalui peningkatan ketahanan gedung mereka saat ini dan gedung masa depan mereka melalui postur keamanan siber yang ditingkatkan dengan teknologi dan keahlian yang tepat, Schneider Electric bekerja bergandengan tangan dengan pelanggannya sebagai mitra digital mereka untuk keberlanjutan dan efisiensi, membantu mereka memaksimalkan investasi dan sumber daya mereka.

Sumber : https://www.indotelko.com/read/1655942627/schneider-electric-dan-claroty-amankan-gedung-pintar

Comments