5 Tips Hindari Modus Penipuan di Internet

Pengaruh perkembangan teknologi tidak hanya berdampak positif, tapi juga membuka peluang modus penipuan secara digital. Maka perlu untuk mengetahui cara menghindarinya.

Pada umumnya, dikutip dari Tempo.co, kemajuan teknologi dan aktivitas online saat ini dimanfaatkan beberapa oknum untuk melancarkan kejahatan siber.

Hampir separuh dari pengguna internet mengalami ancaman keuangan seperti menerima surel mencurigakan yang mengaku dari bank, situs ritel, sampai permintaan data keuangan.

Olehnya itu, perlu untuk mengetahui cara menghindari diri dari modus penipuan online ini.

Melansir yoursay.id, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus penipuan di internet:

1. Cek Kebenaran

Sebelum menggunakan aplikasi atau website apa saja, terutama menyangkut soal keuangan dan data penting, usahakan untuk selalu mengecek kebenaran dari aplikasi atau website tersebut.

Caranya bisa dengan browsing di internet atau YouTube, melihat testimoni, dan bertanya pada teman. Jika sudah ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik jangan mencobanya.

2. Berhati-hati dengan Nomor yang Tidak Dikenal

Baru-baru ini ada modus penipuan baru yakni dengan menggunakan sebuah tautan yang dikirim via chat pribadi WhatsApp, penipu mengaku tautan tersebut berisi resi paket.

Jika kamu menemukan hal semacam ini, sebaiknya berhati-hati, jangan asal membuka tautan yang disebar oleh orang yang tidak kamu kenal.

3. Tidak Membagikan Informasi Mengenai Akun

Hanya kamu yang berhak mengetahui isi dari akunmu, termasuk kata sandi dan kode OTP. Akun apa pun yang kamu miliki entah itu media sosial, m-banking, atau e-wallet, usahakan untuk tidak memberitahukannya kepada siapa pun, terlebih pada orang yang tidak dikenal.

4. Aktifkan Mode Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah ini tujuannya adalah untuk melindungi akun dari ancaman pembobolan.

Jadi selain menggunakan kata sandi, kita juga akan diminta untuk memasukkan kode berupa angka yang akan dikirim melalui email atau nomor telepon yang sudah kita daftarkan.

Dengan mengaktifkan mode verifikasi dua langkah ini, kamu akan tahu dengan aktivitas login akun kamu.

5. Tidak Sembarangan Memasukkan Data Penting

Selain informasi mengenai akun, jangan pula kamu sembarangan memasukkan data penting seperti nomor KTP, buku rekening, KK, dan sebagainya.

Kalaupun data tersebut harus digunakan, pastikan website atau aplikasi yang kamu gunakan itu sudah terjamin keamanannya, sehingga data-data tersebut tidak bocor.

Nah, itulah beberapa tips agar kita bisa terhindar dari modus penipuan di internet. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati.


Sumber : https://telisik.id/news/5-tips-hindari-modus-penipuan-di-internet

Comments