6 Tips Melindungi Data Pribadi di Dunia Internet dari Serangan Hacker

Pada zaman sekarang internet sudah memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Mulai dari berinteraksi, bertransaksi, rekreasional, dan lain sebagainya. Akan tetapi, dibalik kemuudahan tersebut terdapat ancaman yang mengintai di dunia maya tersebut mulai dari pencurian data pribadi, kekayaan intelektual, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai kejahatan-kejahatan yang ada di internet.

Data pribadi adalah salah satu hal yang sangat krusial dan harus diperhatikan serta diwaspadai dari kejahatan hacker. Karena, data pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan data yang mereka didapatkan, otomatis bisa membobol akun pribadi, membuat akun pinjaman online, menjadikan kita sasaran iklan internet, dan menjual data untuk kepentingan marketing.

Berikut 6 Tips Melindungi Data Pribadi di Dunia Internet:

  1. Berhati-hati dengan serangan fishing
  2. Pilihlah kata sandi yang kuat dan unik disetiap akunnya
  3. Melakukan otentikasi dua fakto setiap diminta
  4. Jangan menggunakan wifi publik untuk mengakses akun yang berisi data sensitif
  5. Menggunakan layanan pemberitahuan pelanggaran data
  6. Jangan meremehkan nilai solusi keamanan berlapis dan pastikan selalu mutakhir.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan, guna mengamankan data pribadi pada dunia maya atau internet, semoga bisa bermanfaat.


Sumber : https://www.kompasiana.com/asepsaepulmilah136/63d391fd08a8b54b73610b12/6-tips-melindungi-data-pribadi-di-dunia-internet-dari-serangan-hacker?page=1&page_images=2

Comments