Gangguan Usaha dan Ancaman Siber di Asia Pasifik Meningkat karena Risiko Ekonomi dan Energi Secara Global

Menurut hasil survei terbaru dalam laporan Allianz Risk Barometer 2023. Peristiwa Siber dan Gangguan Usaha untuk tahun kedua berturut-turut (keduanya dengan 34% responden), menduduki peringkat teratas sebagai kekhawatiran utama bagi perusahaan.

Namun, Perkembangan Makroekonomi seperti inflasi, volatilitas pasar keuangan, dan resesi yang membayangi (naik dari peringkat 10 keperingkat 3 YoY, serta dampak dari Krisis Energi (entri baru di peringkat 4) yang merupakan peringkat teratas dalam daftar risiko bisnis global tahun ini, sebagai konsekuensi ekonomi dan politik dunia setelah Covid-19 dan Ukraina perang berlangsung.

Kekhawatiran mendesak seperti itu menuntut tindakan segera dari perusahaan, menjelaskan mengapa Bencana Alam (dari peringkat ke 6) dan Perubahan Iklim (peringkat 6 ke7) turun dalam peringkat tahunan, seperti halnya Wabah Pandemi (dari peringkat 4 hingga 13) karena vaksin telah mengakhiri penguncian dan pembatasan. Risiko politik dan kekerasan adalah entri baru lainnya dalam 10 risiko global teratas di periangkat 10, sementara Kekurangan tenaga kerja terampil naik ke peringkat 8. Perubahan undang-undang dan peraturan tetap menjadi risiko utama di peringkat 5, sementara Kebakaran/ledakan turun dua posisi ke peringkat 9. (Untuk lebih detail, Lihat peringkat risiko global dan negara).

Allianz Risk Barometer adalah peringkat risiko bisnis tahunan yang disusun oleh perusahaan asuransi Allianz Group, Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS), bersama dengan entitas Allianz lainnya, yang menggabungkan pandangan dari 2.712 pakar manajemen risiko di 94 negara dan wilayah termasuk CEO, manajer risiko, pialang, dan pakar asuransi. Ini diterbitkan untuk yang ke-12 kalinya.

“Untuk tahun kedua berturut-turut, Barometer Risiko Allianz menunjukkan bahwa perusahaan paling mengkhawatirkan peningkatan risiko dunia maya dan gangguan usaha. Pada saat yang sama, mereka melihat inflasi, resesi yang akan datang, dan krisis energi sebagai ancaman langsung terhadap bisnis mereka. Perusahaan – di Eropa dan di AS pada khususnya – khawatir tentang ‘permacrisis’ saat ini akibat konsekuensi pandemi dan dampak ekonomi dan politik dari perang yang sedang berlangsung di Ukraina. Ini adalah tes stres untuk ketahanan setiap perusahaan,” ungkap Joachim Mueller, CEO AGCS, dalam rilisnya, Selasa (17/1/2023).

“Kabar baiknya adalah, sebagai perusahaan asuransi kami melihat peningkatan berkelanjutan di bidang ini di antara banyak klien kami, terutama seputar membuat rantai pasokan lebih tahan kegagalan, meningkatkan perencanaan kesinambungan bisnis dan memperkuat kontrol dunia maya. Mengambil tindakan untuk membangun ketahanan dan mengurangi risiko kini menjadi hal utama dan penting bagi perusahaan, mengingat peristiwa beberapa tahun terakhir,” urainya.

Pada tahun 2023, empat risiko teratas dalam Allianz Risk Barometer konsisten secara luas di semua ukuran perusahaan secara global – besar, menengah, dan kecil – serta di seluruh ekonomi inti Eropa dan AS (kecuali krisis energi). Kekhawatiran risiko untuk bisnis di negara-negara Asia Pasifik dan Afrika menunjukkan beberapa penyimpangan, yang mencerminkan dampak berbeda dari perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan dampak ekonomi dan politiknya.

Bahaya digital dan gangguan

Peristiwa siber, seperti pemadaman TI, serangan ransomware, atau pelanggaran data, menempati peringkat sebagai risiko paling penting secara global untuk tahun kedua berturut-turut – pertama kali hal ini terjadi. Itu juga peringkat sebagai bahaya teratas di 19 negara berbeda, di antaranya Kanada, Prancis, Jepang, India, dan Inggris. Ini adalah risiko yang paling dikhawatirkan oleh perusahaan kecil (<$250 juta pendapatan tahunan).

“Bagi banyak perusahaan, ancaman di dunia maya masih lebih tinggi dari sebelumnya dan klaim asuransi dunia maya tetap tinggi. Perusahaan besar sekarang terbiasa menjadi sasaran dan mampu menghalau sebagian besar serangan. Semakin banyak, kami melihat semakin banyak bisnis kecil dan menengah yang terkena dampak yang sering cenderung meremehkan keterpaparan mereka. Mereka semua perlu terus berinvestasi dalam memperkuat kontrol dunia maya mereka,” ujar Shanil Williams, Anggota Dewan AGCS dan Chief Underwriting Officer Corporate, yang bertanggung jawab atas penjaminan emisi siber.

Menurut Allianz Cyber Center of Competence, frekuensi serangan ransomware tetap meningkat pada tahun 2023, sementara biaya rata-rata dari pelanggaran data mencapai $4,35 juta dan diperkirakan akan melampaui $5 juta pada tahun 2023. Konflik di Ukraina dan ketegangan geopolitik yang lebih luas meningkatkan risiko serangan dunia maya berskala besar oleh aktor yang disponsori negara. Selain itu, ada juga kekurangan profesional keamanan siber yang semakin meningkat, yang menimbulkan tantangan dalam hal peningkatan keamanan.

Untuk bisnis di banyak negara, tahun 2023 kemungkinan akan menjadi tahun peningkatan risiko Business Interruption (BI) karena banyak model bisnis yang rentan terhadap guncangan dan perubahan yang tiba-tiba, yang pada gilirannya mempengaruhi keuntungan dan pendapatan. Peringkat #2 secara global, BI adalah risiko nomor satu di negara-negara seperti Brasil, Jerman, Meksiko, Belanda, Singapura, Korea Selatan, Swedia, dan AS.

Cakupan sumber yang mengganggu sangat luas. Siber adalah penyebab yang paling ditakuti oleh perusahaan BI (45% tanggapan); penyebab terpenting kedua adalah krisis energi (35%), diikuti oleh bencana alam (31%). Biaya energi yang meroket telah memaksa beberapa industri intensif energi untuk menggunakan energi secara lebih efisien, memindahkan produksi ke lokasi alternatif atau bahkan mempertimbangkan penghentian sementara. Kekurangan yang diakibatkannya mengancam akan menyebabkan gangguan pasokan di sejumlah industri penting di Eropa, termasuk makanan, pertanian, bahan kimia, farmasi, konstruksi dan manufaktur, meskipun kondisi musim dingin yang hangat di Eropa dan stabilisasi harga gas membantu meredakan situasi energi. .

Kemungkinan resesi global adalah kemungkinan sumber gangguan lainnya pada tahun 2023, dengan potensi kegagalan dan kebangkrutan pemasok, yang menjadi perhatian khusus bagi perusahaan dengan pemasok kritis tunggal atau terbatas. Menurut Allianz Trade, kebangkrutan bisnis global cenderung meningkat secara signifikan pada tahun 2023, lebih dari 19%.

Risiko teratas Asia Pasifik

Business Interruption (#1 dengan 35% tanggapan) adalah risiko teratas di Asia Pasifik, melampaui Cyber Incidents (#2 dengan 32%) yang menempati peringkat teratas selama tiga tahun sebelumnya. Bencana Alam (#3 dengan 27%), Perubahan undang-undang dan peraturan (#4 dengan 24%), dan Perubahan Iklim (#5 dengan 22%) merupakan risiko utama lainnya di kawasan ini.

Business Interruption menempati peringkat tiga risiko teratas di semua negara di Asia Pasifik dan merupakan risiko teratas di Singapura dan Korea Selatan. Hal ini tidak terlalu mengejutkan karena perusahaan perlu mengatasi gangguan rantai pasokan, risiko geopolitik, ekonomi dan iklim yang tidak pasti, serta transformasi jangka panjang seperti digitalisasi dan dekarbonisasi.

Berada di peringkat kedua di Asia Pasifik, Insiden Siber tetap menjadi perhatian yang signifikan di kawasan ini, terutama di Jepang dan India yang menempati peringkat teratas. Insiden Cyber ''mengklaim posisi teratas di India selama enam tahun terakhir, dan negara tersebut telah berurusan dengan masalah keamanan cyber untuk sementara waktu.

Misalnya, pada November 2022, beberapa server Institut Ilmu Kedokteran Seluruh India (AIIMS), rumah sakit pemerintah federal yang melayani menteri, politisi, dan masyarakat umum, terinfeksi. Bisnis di Jepang juga paling mengkhawatirkan Insiden Cyber, yang mengklaim posisi teratas selama tiga tahun terakhir. Khususnya, pada tahun 2022, produsen mobil besar Jepang menutup semua pabriknya di seluruh negeri selama sehari setelah serangan siber terhadap pemasok. Suspensi mempengaruhi produksi sekitar 13.000 kendaraan.

Perubahan undang-undang dan peraturan naik dari #5 ke #4 tahun-ke-tahun, mempertahankan posisinya di antara lima risiko teratas Asia Pasifik selama lima tahun berturut-turut, dan juga merupakan risiko teratas di Tiongkok, di mana perusahaan menghadapi lingkungan peraturan yang semakin ketat dan industri yang berbeda seperti teknologi, keuangan, pendidikan, dan transportasi harus beradaptasi dengan iklim peraturan baru.

Kekhawatiran terkait iklim mulai berkembang di Asia Pasifik. Bencana Alam naik dari #4 ke #3 tahun-ke-tahun, didorong oleh peristiwa penting seperti banjir yang meluas di seluruh Asia Selatan dari Januari hingga Oktober, yang menyebabkan kematian lebih dari 3.500 orang, dan gelombang panas dahsyat yang diderita China pada Juli dan Agustus terhangat keenam sejak 1880. Bahaya sekunder juga tidak bisa diremehkan, dengan banjir di Australia timur yang mengakibatkan kerugian yang diasuransikan sekitar $4 miliar, bencana alam termahal di negara itu.

Perubahan Iklim naik dari #6 menjadi #5 tahun-ke-tahun, karena perusahaan dihadapkan pada berbagai risiko transformasi yang dihasilkan dari kondisi pasar baru atau persyaratan produk, atau dari perubahan strategi bisnis.

Mark Mitchell, Regional Managing Director, Asia Pasifik di AGCS, mengatakan, “Meskipun rantai pasokan berkurang akibat pemulihan terkait Covid-19, bisnis di Asia Pasifik terus menghadapi gangguan bisnis yang signifikan karena mereka harus melewati banyak tantangan. Ini termasuk kekurangan global dan tekanan inflasi sebagai akibat dari perang di Ukraina dan ketegangan geopolitik, dan risiko abadi lainnya dalam peringkat seperti bencana dunia maya dan alam.

“Risiko ini, ditambah dengan ancaman resesi tahun ini, sekali lagi akan memaksa perusahaan untuk berevolusi dan mengadaptasi model bisnisnya, seperti yang mereka lakukan di awal pandemi. Bisnis juga perlu terus meningkatkan ketahanan dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan mitra untuk mengembangkan pemasok alternatif dan meningkatkan manajemen kelangsungan bisnis.”


Sumber : https://riaugreen.com/view/Bisnis/79835/Allianz-Risk-Barometer-2023--Gangguan-Usaha-dan-Ancaman-Siber-di-Asia-Pasifik-Meningkat-karena-Risiko-Ekonomi-dan-Energi-Secara-Global.html#.Y8jeLXZBw7d

Comments