Pemilik Kripto Rentan Terserang Serangan Siber, Ini Cara Mencegahnya

Kaspersky telah menjelajahi tren penggunaan aset kripto, dan menemukan bahwa hanya 25 persen responden merasa mendapat informasi yang cukup tentang potensi ancaman dunia maya aset kripto, sementara 23 persen tidak memiliki informasi sama sekali. 

Dalam sebuah survei, Kaspersky juga menemukan bahwa separuh responden telah terkena dampak dari kejahatan siber kripto, dengan 40 persen pemilik aset tidak percaya bahwa sistem perlindungan kripto saat ini efektif. Ini dan temuan lainnya ada dalam laporan terbaru Kaspersky.

Menurut survei terbaru, sebagian besar individu tidak menyadari potensi ancaman yang dihadapi oleh pemilik aset kripto. Meskipun popularitas aset kripto meningkat, hanya 25 persen responden yang merasa mengetahui atau sangat mengetahui tentang potensi risiko penggunaannya, sementara 23 persen tidak memiliki informasi sama sekali. 

Selain itu, kesadaran akan ancaman ini menurun seiring bertambahnya usia, dengan konsumen yang lebih muda di bawah 35 tahun terpapar lebih banyak informasi.

Ancaman dunia maya, seperti pencurian dan penipuan virtual, adalah salah satu aspek negatif yang paling sering dikutip dari penggunaan aset kripto, dengan masing-masing 27 persen dan 26 persen responden menyorotinya sebagai perhatian utama mereka. 

Sementara 38 persen responden tidak menyadari bahwa mereka bisa menjadi target ancaman kripto - bahkan jika mereka tidak memiliki aset kripto. Perlu dicatat bahwa siapa pun dapat menjadi target penambang kripto (cryptomining) – program yang secara diam-diam menghasilkan aset kripto untuk pemiliknya menggunakan sumber daya komputer lain, baik mereka memiliki aset kripto atau tidak.

Di negara-negara Afrika Selatan dan Asia Pasifik, penipuan investasi kripto (masing-masing 23% dan 15%) dan aplikasi palsu (masing-masing 16% dan 15%) merupakan perhatian utama.

Sedangkan di Eropa, masalah paling menonjol adalah serangan pemerasan di mana scammers mengancam untuk mengungkap riwayat penjelajahan korban di situs web dewasa kecuali mereka memberikan akses pribadi atau mengirim aset kripto (13%).

Separuh (49%) dari semua responden telah dipengaruhi oleh kejahatan aset kripto dalam beberapa cara, mengungkapkan berbagai aktivitas kriminal di lapangan. Selain itu, 49 persen individu yang disurvei tidak percaya bahwa sistem perlindungan saat ini untuk aset kripto efektif, dengan 40 persen pemilik aset kripto juga saat ini tidak percaya bahwa sistem perlindungan yang ada sudah cukup memadai.

Vitaly Kamluk (Kepala Jnit Asia Pasifik, Tim Riset & Analisis Global Kaspersky) mengatakan meskipun penurunan terjadi di pasar kripto baru-baru ini, namun tingkat aktivitas berbahaya di lapangan tidak menurun. Industri kripto, yang masih dalam masa pertumbuhan, tetap menjadi target utama para scammers. 

"Survei ini menekankan perlunya peningkatan kesadaran dan edukasi mengenai potensi risiko yang dihadapi oleh pemilik asset kripto. Karena adopsi aset digital terus bertumbuh, sangat penting bagi individu untuk mengambil tindakan yang tepat guna melindungi diri dari ancaman dunia maya,” katanya.

Berikut cara mencegahnya:

  • Untuk memaksimalkan manfaat aset kripto dengan aman, pakar Kaspersky juga merekomendasikan:
  • Menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Terapkan ini pada akun kripto Anda dapat membantu mencegah peretasan kata sandi dan serangan brute force.
  • Hindari serangan phishing. Serangan phishing adalah upaya manipulasi agar Anda mengungkapkan kredensial login atau informasi pribadi.
  • Berhati-hatilah terhadap email atau tautan yang mencurigakan, dan selalu periksa ulang URL sebelum memasukkan informasi login Anda.
  • Jangan membagikan akses pribadi Anda. Mendapatkan akses pribadi berarti membuka kunci dompet aset kripto Anda. 
  • Jaga kerahasiaannya dan jangan pernah membaginya dengan siapa pun.
  • Mengedukasi diri Anda sendiri. Tetap terinformasi tentang ancaman dunia maya terbaru dan praktik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang perlindungan diri sendiri, semakin baik persiapan Anda untuk mencegah serangan dunia maya.
  • Menggunakan solusi keamanan. Solusi keamanan yang andal akan melindungi perangkat Anda dari berbagai jenis ancaman. Portofolio Kaspersky mencegah semua jenis penipuan aset kripto baik yang dikenal dan tidak dikenal, serta menghindari penggunaan kekuatan pemrosesan komputer Anda secara tidak sah untuk menambang aset kripto.



Sumber : https://infokomputer.grid.id/read/123669307/pemilik-kripto-rentan-terserang-serangan-siber-ini-cara-mencegahnya

Comments