Pentingnya Memahami Cyber Security guna Menangkal Segala Jenis Serangan Hacker!

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan viralnya kasus penipuan lewat dunia maya. Berkedok kurir paket, pelaku berhasil membobol saldo ATM korban dengan cara yang tak terduga.

Awal mulanya pelaku berpura-pura menjadi seorang kurir paket yang mengkonfirmasi sebuah pesanan korban dengan mengirimkan sebuah file aplikasi yang jika diunduh maka penipu tersebut dapat memonitor aktivitas korban sekaligus mengambil alih kendali ponselnya dari jarak jauh, akibatnya saldo ATM korban habis tak tersisa.

Kasus ini merupakan salah satu diantara banyaknya jenis kejahatan digital (cyber-crime), banyak sekali teknik yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah keuntungan dengan cara yang ilegal, dalam hal ini kasus diatas menggunakan teknik Sniffing.

Tentunya hal ini sangat mengerikan apabila menimpa diri kita dan orang terdekat. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai Cyber Security sangatlah penting agar terhindar dari segala bentuk kejahatan digital.

Lalu, apa itu Cyber Security? tindakan apa yang harus dilakukan untuk melindungi data pribadi kita dari berbagai modus kejahatan digital?

Mengenal Cyber Security

Banyak diantara kalian mungkin masih asing mendengar kata 'cyber security', apa sih yang dimaksud dengan cyber security?

Cyber security merupakan suatu upaya yang dilakukan guna melindungi sistem komputer maupun perangkat lainnya dari berbagai ancaman digital atau akses ilegal.

Sekarang kita sudah mengenal apa itu cyber security, selanjutnya kita akan membahas manfaat dari pentingnya memahami cyber security dan melakukannya guna melindungi sistem komputer kita.

Manfaat Cyber Security

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa istilah cyber security adalah melakukan suatu upaya dengan tujuan melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman digital, hal ini sangat penting dilakukan dan juga penting untuk dipahami bagi semua orang guna menjaga data pribadi mereka agar tidak dapat diretas sehingga jatuh ke tangan orang yang salah.

Lalu, bagaimana jika data pribadi kita berhasil diretas sehingga jatuh ke tangan orang yang salah? tentunya hal ini sangat mengerikan dan dapat kita lihat pada kasus yang menimpa korban sebelumnya. Korban dengan sadar mengunduh file yang diberikan oleh pelaku yang bahkan korban tidak mengenalinya, akibatnya perangkat yang digunakan oleh korban kemudian dengan mudahnya diretas, dari file aplikasi yang diunduh tersebut maka pelaku dapat mengontrol bahkan memonitor semua aktivitas yang korban lakukan.

Sangat mengerikan bukan? Ini hanya salah satu contoh jenis kejahatan digital dari banyaknya teknik dan berbagai upaya yang dilakukan peretas untuk mencuri data pribadi kita.

Lalu, bagaimana kita mengatasinya?

Mengatasi hal ini sangatlah mustahil, mengapa demikian? Karena di era saat ini yang dimana banyak masyarakat sudah menggunakan internet dan mereka saling terhubung satu sama lain, maka sangat mudah sekali informasi kita diketahui oleh orang yang bahkan kita tidak kenal siapa mereka tetapi mereka dapat mengenali kita. Contohnya adalah kebiasaan kita sehari-hari, foto kita, nama lengkap, kelahiran, email, tempat dimana kita tinggal, semua informasi pribadi tersebut kita upload di dalam platform media sosial.

Ditambah lagi dengan kehidupan yang ada di Indonesia, sebelum mendaftar sesuatu pasti kita diminta data pribadi seperti NIK, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, KTP, dan lain sebagainya.

Maka seharusnya apabila terjadi kebocoran data pribadi, itu bukan sepenuhnya diakibatkan oleh kesalahan kita sendiri, melainkan bisa juga karena kesalahan mereka yang meminta data pribadi kita kemudian tidak dapat menjaganya dengan baik.

Lalu bagaimana mungkin untuk menjaga data pribadi kita sedangkan banyak keperluan masih membutuhkan hal tersebut?

Memang mustahil menjaga data pribadi kita sepenuhnya, namun bukan berarti kita tidak dapat menjaganya, setidaknya dapat meminimalisir dan mencegah kejahatan digital yang lebih besar dan berdampak buruk untuk terjadi kepada kita.

Cara Mencegah Kejahatan Digital.

1. Mengunci perangkat kita

Mengunci perangkat kita dalam artian memberikan password dengan tujuan untuk melindungi perangkat seperti gadget, komputer, laptop dan perangkat lainnya sehingga orang lain tidak dapat membuka perangkat yang kita punya tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Harus skeptis terhadap informasi yang didapatkan

Jangan mudah percaya terhadap email, pesan, website, telepon yang menghampiri kita. Lakukan verifikasi terlebih dahulu bahwa informasi tersebut benar-benar aman dan dapat dipercaya sebelum membukanya.

3. Menggunakan kombinasi huruf dan simbol pada password

Hal ini sangat penting untuk memakai kombinasi huruf dan simbol pada setiap password yang kita pakai, tujuannya adalah supaya akun kita tidak dapat dengan mudahnya diretas. Jangan lupa bahwa banyak teknik dalam dunia hacking untuk mendapatkan data pribadi kita, maka dari itu kita harus bisa memahami kemudian melakukan pencegahan.

4. Rutin menyalin data pribadi kita

Jangan malas untuk membuat salinan dokumen pribadi, hal ini dilakukan dengan tujuan data kita tetap aman dan tidak hilang semisal nanti perangkat kita diretas oleh orang lain.

5. Membedakan mana data pribadi dan yang bukan

Jangan sembarangan membagikan informasi kita terhadap orang lain, apalagi era saat ini banyak sekali orang yang membagikan informasi tersebut dalam platform media sosial. Karena mengumpulkan banyak informasi dari suatu target merupakan langkah awal untuk melakukan peretasan. Maka dari itu waspadalah.

Pada intinya,

Masih banyak sekali hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk mencegah kejahatan digital, namun ke-lima tahap diatas merupakan langkah dasar yang wajib kalian pahami dan kalian ikuti agar dapat meminimalisir dan mempersulit peretas untuk membobol data pribadi anda.

Maka dari itu jangan malas untuk terus belajar apa itu cyber security di era serba teknologi saat ini, sama halnya seperti dunia real yang banyak sekali jenis kejahatan seperti maling motor, maling rumah, begal, dan kejahatan lainnya. Dunia maya juga memiliki beragam jenis kejahatan yang tentunya kejahatan tersebut pasti berhubungan dengan teknologi.

Kita harus tiga langkah di depan dari peretas tersebut.


Sumber : https://www.kompasiana.com/fadlifatih8622/63c18ed74addee11db032f22/pentingnya-memahami-cyber-security-guna-menangkal-segala-jenis-serangan-hacker?page=all

Comments