Ransomware Vice Society Bocorkan Data University of Duisburg-Essen

Geng ransomware Vice Society mengklaim bertanggung jawab atas serangan dunia maya November 2022 di Universitas Duisburg-Essen (UDE) yang memaksa universitas untuk merekonstruksi infrastruktur TI-nya.

Pelaku ancaman juga telah membocorkan file yang mereka klaim telah dicuri dari universitas selama pelanggaran jaringan, mengungkap detail yang berpotensi sensitif tentang operasi, mahasiswa, dan personel universitas.

Dikutip Bleeping Computer, UDE mengkonfirmasi bahwa mereka mengetahui pelaku ancaman menerbitkan data yang dicuri dan mengatakan bahwa mereka tidak akan membayar uang tebusan.

“Setelah serangan dunia maya di University of Duisburg-Essen (UDE) pada akhir November, kelompok kriminal yang bertanggung jawab kini telah menerbitkan data di Darknet, Universitas tidak memenuhi tuntutan penyerang dan tidak membayar uang tebusan,” kata UDE dalam sebuah pernyataan.

BleepingComputer telah meninjau beberapa file yang bocor dan menemukan bahwa itu termasuk arsip cadangan, dokumen keuangan, makalah penelitian, dan spreadsheet siswa. Meskipun tampaknya asli, kami tidak memiliki cara untuk memastikan keasliannya. Serangan Wakil Masyarakat di Universitas Duisburg-Essen melanjutkan operasi ransomware yang terus menargetkan sektor pendidikan.

Pada tahun 2022, geng ransomware menyerang Cincinnati State Technical and Community College, Medical University of Innsbruck, dan distrik sekolah Los Angeles Unified. Serangan-serangan ini membuat FBI, CISA, dan MS-ISAC merilis peringatan penasehat bersama bahwa geng ransomware semakin menargetkan distrik sekolah AS.

Serangan siber tersebut diungkapkan oleh UDE pada 28 November 2022, memaksa universitas untuk menutup semua email, komunikasi, dan sistem TI hingga pemberitahuan lebih lanjut. Universitas juga membatalkan ujian yang direncanakan tepat sebelum liburan Natal.

Pada 07 Desember 2022, spesialis TI UDE telah mengembalikan beberapa sistem inti ke status fungsional. Selain itu, pada 22 Desember 2022, diambil tindakan penyetelan ulang kata sandi secara luas untuk platform pembelajaran online yang memengaruhi 40.000 orang.

Pada 9 Januari 2023, UDE memberi tahu siswa dan personel bahwa karena kerusakan luas yang disebabkan oleh serangan dunia maya, dan pola kompleks dari kerusakan ini, satu-satunya cara untuk memulihkan semua sistem adalah dengan merekonstruksi seluruh infrastruktur TI. UDE menyebutkan bahwa serangan siber telah memengaruhi 1.200 server dan membahayakan sistem otorisasi pusat, jadi memulihkan semua ini tidak praktis.

Mengenai dampak serangan Vice Society (yang diklaim) terhadap UDE, universitas memiliki 43.000 mahasiswa, 4.000 staf akademik, dan 1.500 staf administrasi. Itu dianggap sebagai universitas Jerman terbaik di bidang fisika.


Sumber : https://cyberthreat.id/read/15221/Ransomware-Vice-Society-Bocorkan-Data-University-of-Duisburg-Essen

Comments