Waspada! Kejahatan Phishing Mengintai Anda, Simak Tips Menghindari Pencurian dan Penipuan Data online

Cara menghindari Phishing agar tidak terkena penipuan online, Istilah resmi phising adalah phishing, yang berasal dari bahasa Inggris fishing yaitu memancing.

Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan.

Pelaku phising biasanya menampakkan diri sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Dengan menggunakan website atau email palsu yang tampak meyakinkan, banyak orang berhasil dikelabui.

Informasi data phising yang diperoleh bisa langsung dimanfaatkan untuk menipu korban. Atau, bisa juga dijual ke pihak lain untuk melakukan tindakan tidak bertanggung jawab seperti penyalahgunaan akun. Aksi cyber crime ini memang berbahaya.

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Berikut ciri-ciri phishing dan tips menghindarinya:

  1. Nama Domain aneh dan terlalu panjang
  2. Biasanya memakai domain gratisan
  3. Saat register meminta data pribadi atau info sensitif lainya
  4. Domain manipulatif dan pakai kata gratis

Tips Menghindari Phishing

  1. Jangan klik link dari orang asing
  2. Jangan tergiur iming-iming hadiah
  3. Bisa cek domain resmi di “Google Transparency Report”
  4. Jika sudah terlanjur klik link, jangan isi data diri
  5. Gunakan Software resmi
  6. Kurangi berbagi info tentang kehidupan personal di media sosial atau dimanapun

Setelah mengetahui ciri-ciri Phishing dan tips menghindarinya, berikut yeng perlu di ketahui juga cara kerja Phishing.

Pertama, pelaku mengumpulkan berbagai informasi yang tersedia secara publik, seperti melalui media sosial. Informasi yang mereka cari umumnya adalah informasi pribadi, riwayat pekerjaan, hobi, dan kegiatan sehari-hari.

Kedua, setelah mendapatkan informasi tersebut, maka pelaku akan membuat email phising atau metode lain untuk berkomunikasi dengan Anda. Sekilas, pesan ini terlihat bisa dipercaya karena berasal dari pihak berwenang atau yang Anda kenal.

Pelaku juga menyebut nama dan jabatan Anda dengan benar. Lalu, tak jarang juga mereka membahas hobi dan aktivitas Anda.

Ketiga, tanpa curiga, Anda membuka pesan phising tersebut dan membacanya. Kemudian, Anda juga mengklik link atau mengunduh attachment pada pesan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai Phishing dan Tips menghindarinya, semoga bermanfaat.


Sumber : https://www.ayocirebon.com/ikon/pr-946518664/waspada-kejahatan-phishing-mengintai-anda-simak-tips-menghindari-pencurian-dan-penipuan-data-online

Comments