Kominfo Bahas Peluang dan Tantangan Era Digital di Tengah Geliat AI

Perkembangan teknologi mutakhir telah membawa era baru dengan adanya Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. AI adalah bidang ilmu komputer yang menyerupai fungsi manusia untuk memecahkan masalah kognitif seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Sejumlah organisasi dan perusahaan mulai menerapkan teknologi AI dalam strategi bisnisnya. Survei dari Microsoft Indonesia mencatat bahwa 14 persen perusahaan telah memanfaatkan AI dalam strategi utama bisnis mereka.

Menurut survei dari Oxford Insight 2022, Indonesia berada di peringkat 43 dalam government AI readiness index. Artinya, Indonesia sudah berada di papan atas dalam penerapan AI meski dengan sejumlah catatan yang dapat terus ditingkatkan

Untuk menyambut era kecerdasan buatan ini, Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo bersama GNLD Siberkreasi mengadakan kegiatan Obral Obrol LiTerasi Digital (OOTD) dengan tema ‘AI, Apakah Ancaman Bagi Talenta Digital?’ pada Kamis (16/2) kemarin.

Di tengah penetrasi AI dalam berbagai sisi kehidupan, beberapa kalangan masyarakat mengalami kecemasan. Hal ini karena AI diproyeksikan akan menggantikan pekerjaan-pekerjaan tertentu atau bahkan menghilangkan sisi kreativitas manusia.

Waketum Bidang Pengembangan dan Pengetahuan Siberkreasi & Head of Leadership LSPR Taufan Teguh Akbari  dalam keterangan resmi yang diterima meluruskan anggapan keliru tersebut. Ia menjelaskan kekhawatiran itu seharusnya menjadi peluang dengan catatan masyarakat siap mengimbangi laju perkembangan teknologi.

“Jadi sebenarnya ini bukan menjadi suatu kekhawatiran, tapi menjadi challenge atau peluang yang gimana caranya kita bisa lebih siap lagi mengimbangi perkembangan teknologi,” jelas Taufan.

Menyambung penjelasan Taufan, Director National Technology Officer Microsoft Panji Wasmana menyatakan kekhawatiran masyarakat juga dapat bersumber dari keamanan data pribadi. Terkait keamanan data, Panji menjelaskan implementasi teknologi AI dapat diatur untuk tidak mengakses data pribadi.

“Artinya kita dapat melabel bawa data ini tidak boleh dipakai untuk training. Data ini dibatasi aksesnya supaya tidak dicrawling atau dibaca oleh sistem AI untuk ke depannya,” katanya.

Menurut Panji, hal ini bisa melatih para talenta digital untuk memilah informasi mana yang dapat diberikan atau dipercayakan kepada platform tertentu. Karena itulah, masyarakat atau talental digital harus paham penggunaan AI melalu literasi digital.

Sementara itu, Dewan Pengarah Siberkreasi Ndoro Kakung membagikan sejumlah strategi. Pertama, memperluas informasi tentang teknologi digital seperti kecerdasan buatan. Kedua, peningkatan akses pelatihan atau bimbingan teknis mengenai AI.

“Bagi pihak yang belum memahami penuh fungsinya, AI dianggap sebagai ancaman. Padahal, ia bisa membantu dalam pekerjaan lebih efisien,” jelasnya.


Sumber : https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/17/02/2023/kominfo-bahas-peluang-dan-tantangan-era-digital-di-tengah-geliat-ai/

Comments