Malware Baru Curi Uang dan Akun WA, Hapus 34 Aplikasi Ini!

Serangan malware baru menyerang ponsel Android yang memungkinkan peretas untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh dan mengakses semua data.

Dinamai 'Hook', malware ini dibuat oleh peretas sama yang membuat virus Android untuk perbankan 'BlackRock' dan 'ERMAC'. Metodenya memungkinkan penjahat siber untuk melakukan serangan dari jarak jauh dan akses ke file yang disimpan di perangkat.

Malware baru ini diketahui fokus pada aplikasi secara keseluruhan. BlackRock memungkinkan hacker mencuri uang dan kata sandi untuk aplikasi perbankan. Sementarai itu, ERMAC dapat menargetkan dompet mata uang kripto dengan mencuri informasi kontak korban dan ID bank.

Cara Kerja Malware Pencuri Uang

Para peretas menggunakan malware baru ini dengan membuatnya unik. Ia menawarkan fitur lengkap dengan biaya berlangganan US$5.000 (sekitar Rp 74,8 juta) per bulan.

Selain kemampuan utama menguasai perangkat korban, hacker menciptakan malware ini dengan kemampuan akses jarak jauh, bergabung dengan 'Octo' dan 'Hydra' yang dapat melakukan pengambilalihan perangkat penuh (DTO).

Hook bahkan bisa menyelesaikan rangkaian penipuan mulai dari eksfiltrasi data hingga transaksi dengan semua langkah tanpa memerlukan saluran tambahan, demikian menurut perusahaan cybersecurity Belanda ThreatFabric.

Hook juga memungkinkan peretas untuk mengunduh file tertentu yang mereka pilih. Hacker juga bisa memperoleh daftar semua hal yang disimpan di perangkat.

Malware Baru Bisa Curi Data WhatsApp

Perintah lain untuk aplikasi populer seperti WhatsApp, memungkinkan Hook menyimpan semua obrolan yang ada. Bahkan, peretas bisa mengirim pesan menggunakan akun korban.

Tidak seperti malware lainnya, Hook tersedia di pasar global, mulai dari Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal, dikutip dari Gizchina, Senin (30/1/2023).

Google Play Store pun menjadi target malware baru ini. Berbagai langkah-langkah keamanan di toko aplikasi Android dan Chrome OS telah dilakukan. Namun tampaknya belum dapat menghentikan total 34 aplikasi yang mengandung malware.

Masalah ini diungkapkan oleh pakar keamanan khusus SecneurX. Mereka mendaftarkan setiap aplikasi yang terinfeksi oleh berbagai virus yang ditujukan untuk Android satu per satu.

Malware yang didaftarkan termasuk berisi beberapa Trojan paling berbahaya, termasuk "Joker" yang kini namanya sedang naik daun.

Daftar 34 Aplikasi yang Terinfeksi Malware

  1. Logo Design Maker
  2. Funny Emoji Keyboard
  3. Animal Doodle Drawing
  4. Paper Paint - Autolycos
  5. Dexterity QR Scanner
  6. Heart Rate Monitor
  7. Fun Paint & Coloring
  8. Beauty Christmas Songs
  9. Epica Gamebox & Hub
  10. Magic Face AI
  11. Love Sticker
  12. HD Screen Mirroring
  13. Phone to TV - Joker
  14. Photo Voice Translator
  15. Effect Voice Changer
  16. Quick PDF Scanner
  17. Easy Voice Change
  18. Fast Language Translator
  19. Perfect Face Swap
  20. Effects Photo Editor
  21. Super Emoji Editor & Sticker
  22. Blue Voice Changer
  23. Cool Screen Mirroring
  24. Phone Cleaner Lite
  25. Digital Clock - Always display
  26. Live Wallpaper
  27. Grape Camera & Photo Editor
  28. Blood Glucose Recorder
  29. Clever Clean - Batter Saver
  30. Album Live Wallpaper & Theme
  31. Shortcut Screen Mirroring
  32. Mind Message - Joker
  33. Advanced Cast Screen
  34. Coloring Painting


Comments