Melindungi Data Pribadi untuk Menghindari Penyalahgunaan

Melindungi data pribadi di dalam ponsel tentu penting. Karena itu berikut kita bahas cara melindungi berbagai data bersifat pribadi tersebut. Pastikan Anda menyimak pembahasan tips HP untuk melindungi data berikut ini.

Smartphone kini memiliki peran yang sangat penting bagi para penggunannya. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja namun juga untuk berbagai kegiatan lainnya. Apalagi pada zaman yang serba online ini, kita bisa melakukan berbagai hal melalui HP.

Misalnya yaitu bermain game, belanja online, menggunakan aplikasi bank hingga dompet digital. Tak jarang kita juga menyimpan berbagai data penting dan bersifat pribadi pada HP. Hal tersebut membuat kita harus selalu menjaga keamanan data pribadi tersebut.

Cara Melindungi Data Pribadi yang Tersimpan Di Dalam Ponsel

HP sendiri merupakan salah satu barang elektronik yang selalu kita bawa ke mana pun. Hal tersebut tentunya bisa mengancam berbagai data pribadi yang tersimpan di dalamnya. Sebab bisa saja HP di akses oleh orang lain, kemudian ia mengambil data pribadi Anda.

Misalnya yaitu mengambil data penting, chat pribadi, foto dan lain sebagainya. Data-data tersebut kemudian bisa mereka salah gunakan untuk berbagai keperluan mereka sendiri. Bisa juga mereka melakukan skimming atau menyalin data dan informasi kartu ATM.

Nantinya si pelaku bisa melakukan penarikan dana ATM Anda di tempat lain. Hal tersebut tentunya hanya akan merugikan kita sebagai pemilik data bukan? Karena itu lah penting bagi kita untuk selalu melindungi data yang tersimpan di ponsel.

Namun sayangnya beberapa orang mungkin masih belum tahu cara melindungi data pribadi. Akibatnya mereka membiarkan data pribadi di ponsel tanpa pengamanan apa pun. Hal itu tentunya sangat tidak baik sebab bisa mempermudah pencurian data.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara melindungi data yang bisa Anda lakukan.

Pasang Password

Pertama Anda bisa menggunakan kata sandi atau password sebagai pertahan pertama. Buatlah password yang rumit dan juga sulit tertebak oleh orang lain. Anda juga harus menggunakan kombinasi huruf besar kecil, simbol dan juga angka.

Kemudian jangan lupa untuk mengganti password setelah jangka waktu tertentu. Tujuannya untuk memastikan bahwa HP dan data di dalamnya tetap aman. Pastikan Anda juga tidak memberitahukan password pada siapa pun itu.

Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah atau 2FA juga bisa menjadi sarana melindungi data dalam suatu aplikasi. Cara ini sangat ampuh untuk melindungi akun jika seseorang berhasil mengetahui user dan password Anda. Nantinya mereka tidak akan bisa masuk ke akun Anda sebab tidak mendapatkan kode tambahan.

Cara melindungi data pribadi selanjutnya yaitu jangan mengklik link sembarangan. Apalagi jika link tersebut terlihat asing dan juga tidak pernah Anda ketahui. Sebab takutnya terdapat phising melalui data pribadi yang ada di platform tersebut.

Phising sendiri merupakan salah satu metode penipuan untuk mencuri akun targetnya. Intinya phising bertujuan mengambil alih akun dan mencuri informasi penting korbannya. Bisa juga tujuannya untuk mencari celah beberapa akun yang terhubung dengan akun tersebut.

Jangan Mudah Memberikan Data Kepada Orang Lain

Selanjutnya sebaiknya Anda tidak memberikan data pribadi pada orang tak dikenal. Data tersebut misalnya yaitu nomor telepon maupun email pribadi Anda. Jangan memberikannya sembarangan agar terhindar dari tindakan peretasan.

Hati-hati Dalam Memberikan Izin Aplikasi

Ketika menginstal aplikasi di HP, biasanya aplikasi tersebut akan meminta izin akses tertentu. Pastikan untuk berhati-hati dalam memberikan izin tersebut untuk melindungi data pribadi. Beri izin pada fitur yang aplikasi perlukan saja, misal kamera, mic dan sebagainya.

Jangan Gunakan WiFi Publik

Cara selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan WiFi publik pada HP Anda. Apalagi jika WiFi tersebut memang tersedia gratis untuk semua orang yang ada. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk melindungi data agar tidak terjadi pencurian data.

Gunakan Platform Terpercaya

Sebelum hendak menggunakan suatu platform pastikan bahwa platform tersebut sudah terpercaya. Apalagi jika platform tersebut mengharuskan mengisi berbagai data pribadi Anda. Anda juga harus lebih selektif dalam memilih dan menggunakan aplikasi tertentu.

Itulah beberapa cara untuk melindungi data pribadi dalam ponsel yang bisa Anda terapkan. Dengan cara di atas pastinya data pribadi menjadi jauh lebih aman dan terjaga.


Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2023/02/melindungi-data-pribadi-untuk-menghindari-penyalahgunaan/

Comments